Teknoflas.com – Meski tak sepopuler Samsung, Sony Xperia sampai saat ini masih tetap mendapat tempat di hati konsumen Indonesia. Hal ini terbukti dengan larisnya beberapa tipe smartphone Xperia di kelas menengah dan atas. Salah satu senjata Sony yang terbaru untuk kelas entry-level adalah Xperia E1 yang tersedia dalam dua varian, yakni single SIM dan dual SIM.

Sony Luncurkan Xperia E1 Dengan Harga Murah

Saat ini harga smartphone Sony Xperia E1 single SIM di Indonesia terbaru akhir Juni 2014 adalah Rp 1.499.000. Secara umum, harga Xperia E1 ini mengalami penurunan dari bulan lalu. Sony Xperia E1 bersaing ketat dengan Oppo Joy, Lenovo A526, dan Samsung Galaxy Fame.

Pabrikan asal Jepang ini membekali Xperia E1 dengan bentang layar sentuh 4 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel berteknologi TFT Kapasitif. Sony tak lagi menempatkan tiga tombol kapasitif di bawah layar karena ketiga tombol tersebut sudah dipindah ke layar.

Sony mengunggulkan sektor multimedia di smartphone Xperia E1 ini, hal ini terlihat dari hadirnya speaker berdaya cukup besar di bagian belakang yang dapat menghasilkan suara musik yang kencang dan berkualitas. Sony mengklaim bahwa kekuatan speaker yang diusung oleh Xperia E1 mencapai 100dB.

Sony Xperia E1mampu melahap game-game 3D berkat dukungan grafis dari Adreno 302. Sony membekali Xperia E1 dengan ruang simpan internal 4GB yang dapat diperluas melalui slot microSD hingga maksimal 32GB.

Smartphone ini juga didukung fitur Bluetooth, WiFi, GPS, dan 3G HSPA. Tak hanya itu, Xperia E1 ini didukung oleh kamera belakang dengan resolusi 3 megapiksel fixed focus dan disokong oleh baterai berkapasitas 1750mAh.

Kinerja Sony Xperia E1 cukup standar di kelasnya dengan mengandalkan prosesor dual-core berkecepatan 1,2GHz dari Qualcomm Snapdragon 200 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 512MB cukup kuat untuk menjalankan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean dan dijanjikan update ke Android 4.4 KitKat.