TeknoFlas.com – Ford New Fiesta, yang merupakan hatchback andalan Ford Motor Indonesia (FMI), saat ini gunakan mesin terkecil di kelasnya yaitu EcoBoost berkapasitas 1.0 L. Namun mesin tersebut mampu menyaingi mesin bensin berkpasitas 1.6 liter.

Ford New Fiesta

Dikutip dari KRJogja, mesin EcoBoost yang dimiliki pabrikan yang bermarkas di Detroit ini adalah mesin yang menawarkan teknologi modern yang tidak dimiliki mesin tiga silinder dari merek lain. Dengan kapasitas mesin tersebut, kata Gugum maka tidak heranlah jika mesin Ecoboost Ford menyabet penghargaan mesin terbaik dunia dalam tiga tahun berturut-turut.

Mesin ini memang yang terkecil di kelasnya bahkan bisa diletakan di kompartemen bagasi pesawat. Mesin ini mampu memprouksi daya sebesar 125 PS (92 kW), dan torsi puncak 170 Nm. EcoBoost 1.0 liter dipasangkan dengan transmisi otomatis PowerShift enam percepatan yang mampu menghemat bahan bakar hingga 18,9 km/L, dan emisi karbon dioksida hanya 121 g/km.

Ford berhasil meredam getaran besar yang biasa terjadi pada mesin tiga silinder dengan memasang poros penyeimbang yang berputar berlawanan arah di dalam motor yang menghilangkan sebagian besar getaran.

Namun, poros penyeimbang ini berat, mahal, dan mengurangi penghematan bahan bakar. Sebaliknya, tim Ford dengan sengaja membuat katrol dan roda gila (flywheel) tidak seimbang dengan bobot yang ditempatkan tepat untuk melawan daya getar alami mesin dan mendorong energi ke arah yang kurang sensitif. Pemasangan mesin juga dirancang untuk memisahkan serta menyerap daya getar mesin.