TeknoFlas.com – Pada tanggal 14 Agustus 2014 kemarin merupakan HUT Pramuka yang menginjak usia ke -53. Dalam sebuah acara memperingati HUT Pramuka, Wakil Gubernur Jawa Timur yakni Saifullah Yusuf berpendapat bahwa gerakan Pramuka sekarang harus lebih berkualitas dan juga harus menguasai teknologi.

Pramuka Jadi Lebih Berkualitas Jika Dengan Teknologi

“Pramuka harus up to date atau mengikuti perkembangan zaman,” kata Saifullah dalam kegiatan pembukaan Pekan Jambore Daerah Tingkat Jatim yang digelar di Bumi Perkemahan Serut, Kabupaten Blitar, seperti dikutip TeknoFlas dari Antara, Kamis (14/08/2014).

Bahkan dengan penggunaan teknologi, maka kegiatan Pramuka yang selama ini tidak banyak diminati akan kembali dicintai dan dikenal masyarakat. Saifullah juga mengungkapkan, kepekaan akan teknologi itu salah satu bentuknya bisa memanfaatkan Global Positioning System (GPS) dalam mencari jejak maupun menentukan posisi ketika sedang outbond atau penjelajahan di hutan.

Tidak hanya itu saja, gerakan Pramuka juga bisa menggunakan media internet, antara lain website, jejaring sosial seperti Facebook, Twitter ataupun bisa bekerja sama dengan pers, baik cetak, elektronik, maupun online untuk menyebarluaskan kegiatan Pramuka.

Menurut Saifullah Yusuf yang kerap di panggil Gus Ipul, Pramuka juga perlu menerapkan standarisasi, dengan tujuan agar gerakan Pramuka dapat lebih berkualitas, memiliki standar yang jelas, baik kepengurusannya, tata kelolanya, ukuran keberhasilan kinerjanya dan lainnya.

“Ke depan, seluruh gugus-gugus depan di Indonesia, khususnya di Jatim harus terakreditasi, jadi tidak hanya pemerintah semata yang menerapkan standarisasi. Tapi Pramuka juga harus ada standarisasinya,” tuturnya.