TeknoFlas.com – Kisi-kisi materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) telah diberikan oleh kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melalui situs resminya dengan alamat www.menpan.go.id.

Kisi-kisi materi TKD tersebut diberikan bagi para pendaftar yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil. Peserta yang mendaftar CPNS wajib mengetahui kisi-kisi ini jika ingin lolos. Dalam laman http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1513 ada dua materi yang di bakal dijalankan oleh pendaftar.

Inilah Kisi-kisi Lengkap Materi TKD CPNS 2014

Materi pertama mengenai wawasan kebangsaan, dan yang kedua meliputi tes intelegensia untuk menilai kemampuan verbal, numerik dan berpikir logis dan analitis. Berikut kisi-kisi lengkap Materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS:

Kisi-kisi Materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS meliputi:

a. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:

  1. Pancasila
  2. Undang Undang Dasar 1945
  3. Bhineka Tunggal Ika
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar)

b. Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai:

  1. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis.
  2. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
  3. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.
  4. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.