TeknoFlas.com – OS Android 5.0 Lollipop akhirnya resmi diluncurkan setelah melewati masa uji coba panjang, Sistem Operasi terbaru dari robot hijau Lollipop tersebut akan diluncurkan pertama kali untuk tiga perangkat Nexus terbaru, yakni smatphone Nexus 6, tablet Nexus 9, dan perangkat media streaming Nexus Player.

Android Lollipop

Selain ketiga perangkat terbaru dari Google tersebut OS yang disebut Android L itu recananya akan segera bisa dicicipi oleh Nexus 4, Nexus 5, Nexus 7, Nexus 10, dan perangkat Google Play Edition dalam kurun waktu beberapa pekan ke depan.

Perbedaan Android Lollipop dengan Kitkat adalah dengan adanya peningkatan visual serta perubahan antarmuka pengguna yang disebut dengan Material Design. Platform tersebut memiliki animasi yang lebih baik, desain yang lebih jernih, serta palet warna yang lebih kuat.

Lollipop juga punya menu multitasking yang berbeda dan lebih banyak fitur yang mengandalkan perintah suara. Fitur-fitur Material Design bisa dilihat di pembaruan sejumlah aplikasi keluaran Google seperti Google+.

Lollipop juga dilengkapi dengan lebih dari 5.000 Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) untuk memudahkan sinkronisasi beragam perangkat Android. Dengan demikian, file musik, foto, aplikasi, dan sejarah pencarian dapat disinkronisasi dengan mudah di antara bermacam perangkat Android.