TeknoFlas.com – Setelah stasiun televisi Trans TV terkena teguran oleh KPI karena menyiarkan acara pernikahan Raffi Ahmad dan Gigi, kini giliran RCTI yang juga kena teguran serupa dari Komisi Penyiaran Indonesia setelah menyiarkan secara langsung acara Resepsi Pernikahan yang digelar mewah.

Resepsi Pernikahan Rafi dan Nagita

RCTI dinilai terlalu berlebihan menayangkan resepsi pernikahan Raffi dan Gigi, Minggu (19/10/2014) malam. Serupa dengan peringatan KPI kepada Trans Tv, program Kamulah Takdirku disiarkan dalam durasi waktu siar yang tidak wajar hingga 7 jam dinilai KPI tidak memberikan manfaat kepada publik sebagai pemilik frekuensi utuh.

Jenis pelanggaran tersebut masuk dalam kategori pelanggaran atas perlindungan kepentingan publik.

Seperti dikutip dari situs resmi KPI, Selasa (21/10/2014), program Kamulah Takdirku telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 11 ayat (1) serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 11 ayat (1). Berdasarkan pelanggaran di atas, KPI Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi administrasi teguran tertulis.

RCTI juga diminta untuk tidak menayangkan kembali (re run) serta tidak mengulangi kesalahan yang sama untuk program sejenis lainnya di kemudian hari. KPI menegaskan bahwa bahwa frekuensi adalah milik publik yang harus dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemaslahatan masyarakat banyak.

Uniknya, KPI baru memberikan peringatan tersebut Selasa (21/10/2014), sebelum teguran tersebut dirilis, RCTI terlebih dahulu menayangkan ulang program resepsi Raffi dan Gigi dari siang hingga sore hari.