TeknoFlas.com – Situs jejaring sosial terbesar di dunia Facebook (FB) mulai hari kamis (6/11) yang lalu telah menyedikan layanan peduli ebola dengan adanya tombol khusus untuk para penggunanya yang akan memberikan donasi ke badan amal yang memfokuskan diri pada penelitan obat virus Ebola. FB menempatkan tombol donasi tersebut dia tas fitur news feed.

FB  facebook

Dengan adanya tombol tersebut, para penggua FB bisa langsung menyalurkan donasi untuk tiga organisasi yakni International Medical Corps, Federasi Internasional of Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, serta Save the Children.

Selain itu FB juga memberikan himbauan kepada para pengguna agar semakin banyak relawan yang membantu pasien Ebola di negara yang mengalami epidemi Ebola seperti Liberia, Guinea, dan Sierra Lione.

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, pada Oktober lalu menyumbangkan dana US$ 25 juta atau setara Rp 305 miliar untuk ke organisasi swasta nirlaba Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC).

Virus Ebola pertama kali ditemukan pada 1976. Di tahun 2014 ini virus itu kembali mewabah di kawasan Afrika Barat.

Wabah Ebola telah menawasan hampir 5.000 jiwa di Afrika Barat. Wabah ini juga telah sampai ke Amerika Serikat dan kini telah ada sembilan kasus sejak Agustus 2014.

Kementerian Kesehatan Indonesia telah melakukan sejumlah langkah pencegahan wabah Ebola. Petugas kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta akan memeriksa warga negara lokal maupun asing yang datang dari negara Afrika Barat.