TeknoFlas.com – Smartphone kini memang telah menjadi bagian hidup bagi setiap orang. Bahkan hampir tidak terpisahkan dengan gaya hidup kita sehari – hari. Berbagai fitur dan aplikasi canggih yang ditawarkan semakin membuat kita ketergantungan akan gadget. Dan sebaiknya anda menghindari menggunakan smartphone saat menjelang akan tidur. Karena radiasi yang ditimbulkan smartphone tersebut memiliki efek yang negatif bagi kesehatan.

Info Kesehatan Inilah Efek Negatif Saat Tidur Dekat Ponsel
Sebuah penelitian dari ilmuwan di Northwestern University, Chicago, mengungkapkan bahwa orang yang terkena paparan cahaya dari komputer atau smartphone di malam hari bisa mengalami penambahan berat badan.

Selain itu, efek cahaya yang dikeluarkan smartphone ini sangat berpeangaruh negatif bagi kesehatan. Radiasi yang dipancarakan, jik terjadi secara terus menerus akan berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut efek negatif yang dapat ditimbulkan akibat radiasi smartphone.

1. Dapat meningkatkan risiko kanker
Sebuah laporan baru-baru ini yang diterbitkan European Journal of Cancer Prevention menganalisis 16 studi tentang paparan cahaya di malam hari.

Para peneliti dari universitas di Cina, menemukan bahwa paparan berulang cahaya dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita sebesar 17 persen. Cahaya yang dimaksud termasuk sorotan lampu yang terlalu terang ataupun lampu dari layar ponsel atau laptop.

Tidak jelas mengapa cahaya pada malam hari dapat menyebabkan hal tersebut, namun peneliti menuliskan satu teori bahwa terpapar cahaya sebelum tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon alami dalam tubuh yang membuat sel-sel kanker berkembang.

2. Membuat anak-anak lebih cemas
Sebuah studi dalam jurnal Physiology and Behaviour menemukan bahwa bayi tikus yag terkena cahaya di malam hari menunjukkan tanda-tanda lebih stres dan perilaku cemas dibandingkan mereka yang tidur dalam kondisi gelap.

Peneliti mengungkapkan, ada peningkatan kadar hormon stres seperti kortisol pada anak yang sering terpapar cahaya sebelum tidur.

Para ilmuwan di Universitas Kyushu di Jepang juga menemukan bahwa 46 persen orang dewasa yang terkena cahaya di malam hari mengalalami penurunan produksi melatonin-hormon yang bertugas mengatur siklus tidur. Dan pada anak-anak angka itu mencapai 88 persen.

3. Meningkatkan risiko diabetes tipe 2
Penelitian di jurnal Kronobiologi International menemukan, orang tua lebih berisiko mengembangkan diabetes jika mereka berada di bawah lampu terang selama empat jam sebelum tidur.

Profesor Horne menerangkan kemungkinan diabetes tipe 2 lantaran cahaya membuat jam tubuh tidak begitu sensitif.

4. Mudah stres
Penelitian terbaru di Ohio State University menemukan hamster betina yang terkena cahaya di malam hari menunjukkan tanda-tanda mudah depresi.

5. Mengantuk di siang hari
Sebuah penelitian terbaru di Universitas Tsukuba di Jepang, menemukan metabolisme orang yang tidur dengan paparan cahaya cenderung mudah mengantuk di siang hari.

Nah, itulah mengapa perlu kita menghindari mainkan smartphone sebelum tidur. Jagalah kesehatan kita setiap hari dengan menjaga pola makan yang baik dan menghindari radiasi yang berlebihan.