Besok Selasa 9 Juni 2015, para calon mahasiswa akan mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 untuk menentukan masa depan. Perasaan gugup dan tegang harus disingkirkan jauh-jauh agar tak menjadi batu sandungan yang merusak mood saat mengerjakan semua soal. Lalu, apa yang harus dipersiapkan para peserta? Berikut tips sukses lolos ujian SBMPTN 2015.

SBMPTN 2015
Tips ujian SBMPTN 2015 (doc/aws-dist.brta.in)

1. Kenali materi ujian

Langkah terpenting agar sukses mengisi semua soal-soal SNMPTN dengan sempurna yaitu mengenali materi ujian yang sudah dipilih. Luangkan waktu untuk mempelajari soal-soal yang ada di tahun kemarin. Selain itu coba tengok kembali mata pelajaran yang pernah diberikan oleh pihak sekolah. Menjelang H-1 ujian, ada baiknya menyimak kembali semua materi pelajaran. Langkah ini bertujuan agar tidak salah menjawab pertanyaan, sehingga peluang meraih satu kursi di universitas bisa terwujud. (baca: Ini Bocoran Soal-Soal SBMPTN 2015)

2. Tenang diri dan santai

Saat tangan sudah memegang lembar soal ujian, jangan langsung terburu-buru mengerjakannya. Memang benar ada batas waktu dalam pengerjaan ujian SBMPTN 2015, namun tak ada salahnya bila membaca seluruh soal terlebih dahulu. Tenangkan diri dan bersikap santai, baca semua soal dari awal sampai akhir agar semakin paham.

3. Baca instruksi ujian

Sebelum mengerjakan sebuah soal, coba baca petunjuk dengan hati-hati. Ingat, salah menjawab pertanyaan justru berakibat fatal karena memperkecil peluang lolos. Jangan sampai terjebak dalam sebuah soal yang menguras waktu berharga, coba selalu perhatikan waktu yang disediakan oleh pihak panitia. Cek semua jawaban, pastikan sudah terisi dengan benar. Tips sukses lolos ujian SBMPTN 2015: kerjakan soal yang mudah dijawab terlebih dahulu.

4. Bertanya ke panitia

Demi mengurangi kesalahan saat menjawab pertanyaan ujian, coba pahami dengan baik maksud dari pertanyaan tersebut. Apabila kurang jelas dan sulit dipahami, coba tanyakan ke pihak panitia/pengawas SNMPTN. Lakukan evaluasi sekali lagi terhadap semua jawaban yang sudah tertera di kertas ujian, pastikan terisi dengan benar.

5. Berdoa

Inilah tips ampuh agar lolos ujian SBMPTN 2015. Belajar dan menyiapkan mental tidak cukup, luangkan waktu untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kemudahan saat mengerjakan semua soal ujian dan diterima sebagai mahasiswa di universitas negeri yang menjadi idaman.