Pada Selasa (9/6) malam nanti, timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Filipina U-23 di Stadion Jalan Besar. Inilah laga penentuan untuk Garuda Muda, apakah layak lolos ke babak semifinal SEA Games 2015 atau tidak.

Persaingan di Grup A semakin sengit usai Singapura U-23 menang 3-1 atas Kamboja U-23 pada pertandingan Senin (8/6) malam. Indonesia dituntut mengantongi 3 poin tambahan untuk mengamankan posisi ke-2 klasemen.

indonesia vs filipina
Jelang Indonesia vs Filipina (doc/bolalob.com)

Meski mengincar kemenangan, pelatih Aji Santoso diprediksi akan merotasi skuat utama. Hal ini dilakukan demi menjaga kondisi pemain karena di pertandingan terakhir akan berhadapan dengan Singapura yang punya lebih banyak waktu istirahat dibandingkan Evan Dimas dkk. (Baca: Jadwal Timnas U23 di SEA GAMES 2015: Indonesia vs Filipina)

Namun Aji enggan meremehkan Filipina, apalagi laga nanti dianggap sebagai penentuan nasib skuat Garuda Muda jika tak mau meninggalkan kompetisi lebih cepat. ”Para pemain akan langsung tampil menyerang untuk mencetak lebih banyak gol. Mereka sudah siap tetapi tak mau anggap remeh Filipina meski sudah tak punya peluang lolos,” ucap Aji.

Kemungkinan besar eks pelatih Persebaya itu akan mempertahankan formasi di sektor tengah yang bermain agresif saat mengobrak-abrik pertahanan Kamboja. Begitu juga sektor depan yang masih mengandalkan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh sebagai penggedor gawang lawan.

Sementara Filipina bisa kembali menurunkan gelandang Arnel Amita yang terpaksa absen saat dibantai Myanmar 5-1. Amita mendapat kartu merah saat The Young Azkals dibungkam Kamboja dengan skor telak 3-1.

Pelatih Filipina, Marlon Maro, tengah sibuk memikirkan komposisi barisan pertahanan yang tergolong lemah. Apalagi skuat diisi oleh pemain miskin pengalaman internasional. Kendala utama yang dihadapi yaitu buruknya penyelesaian akhir dan tak bisa mengantisipasi kecepatan pemain lawan.

“Skuat ini sering melakukan kesalahan sederhana. Seringkali bermasalah dengan tekanan dan kecepatan lawan. Sebenarnya kami punya pemain bagus di semua sektor, sayang minim pengalaman internasional,” ucap Maro.

Berikut prediksi formasi Indonesia vs Filipina di ajang SEA Games 2015.

Indonesia: Teguh Amirudin, Abduh Lestaluhu, Syaiful Indra Cahya, Agung Prasetyo, Manahati Lestusen, Evan Dimas, Ahmad Noviandani, Paulo Sitanggang, Adam Alis, Zulfiandi, Muchlis Hadi. Pelatih: Aji Santoso.

Filipina: Jaime C Philippines U23 : Jaime Cheng, Mark Besana, Julian Clarino, Shirmar Felongco, Francisco Santos, Paolo Salenga, Daniel Gadia, Paolo Bugas, Connor Tacagni, Jinggoy Valmayor , Nathanael Villanueva. Pelatih: Marlon Maro.