Pada Sabtu (13/6/15), pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menepati janji mengutamakan pembangunan infrastruktur. Selama 20 tahun ini kehadiran jalan bebas hambatan di jalur Pantura hanya dianggap angan-angan semata, namun sukses terwujud dengan adanya jalan tol terpanjang di Indonesia, yakni Cikopo Palimanan yang berjarak 116,75 kilometer.

Presiden Jokowi membuka acara peresmian secara simbolis didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Ini bisa dianggap sebagai kado manis dari Presiden untuk menyambut datangnya Lebaran. Pada Desember 2014, Jokowi sempat mendesak penyelesaian pembangunan tol dipercepat. Waktu itu beliau sempat mendatangi langsung lokasi ditemani Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher).

tol cikopo palimanan
cikopo palimanan, jalan tol terpanjang di Indonesia (doc/tempo.co)

Menurut Kementerian PUPR, Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) punya segudang kelebihan dibanding jalan tol lain yang ada di Indonesia. Selain diklaim terpanjang dan ruas jalan lebih lebar, proses pembangungan pun dipercepat demi mewujudkan cita-cita selama 20 tahun untuk memiliki jalan bebas hambatan di jalur Pantura.

Menurut Hediyanto W Husaini, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Jalan Tol Cikopo Palimanan telah menelan anggaran pembangunan sekitar Rp10 triliun. Kondisi jalan yang masih mulus dan lebar menjadi pilihan tepat menyambut lebaran, dimana arus mudik dan balik di jalur Pantura akan meningkat drastis.

“Jalan tol ini lebih leluasa, jadi tidak perlu saling berebutan. Arus mudik kendaraan dipastikan lebih nyaman karena jarak tempuh lebih pendek 40KM bila dibanding menempuh Jalur Pantai Utara,” ucapnya kepada wartawan saat ditemui di Jakarta, Jumat (12/6).

Bagaimana spesifikasi dan fitur yang dimiliki Tol Cikopo Palimanan? Ada tujuh pintu masuk dan keluar, SPBU, rest area, 99 jembatan dan masih banyak lagi. Menurut Hediyanto, penyelesaian proyek ini lebih cepat dari target Presiden Jokowi namun ada sejumlah kendala yang dihadapi.

Kendala utama yang muncul ke permukaan yaitu penolakan masyarakat setempat, soal tanah, material langka dan sebagainya. “Tetapi semua hambatan kami atasi pelan-pelan dan berhasil,” ucap Hediyanto.

Sebenarnya, proses pembangunan Jalan Tol Cikopo Palimanan butuh waktu sekitar dua tahun, namun dikebut lantaran desakan dari Presiden Jokowi.

“Sekitar 20 tahun lalu sudah ada pembangunan fisik, tapi dipercepat di zaman pemerintahan Jokowi. Pemerintah berperan besar, selalu membimbing dan mengawasi,” tutup Hediyanto.