Bagi yang tengah rajin nge-gym untuk membentuk otot tubuh, ada sejumlah nutrisi penting yang harus dikonsumsi. Menyusun menu buka puasa buat otot maksimal sebenarnya tidak sulit, bahkan cenderung sama seperti hari-hari biasa saat tidak berpuasa.

menu buka puasa buat otot maksimal
Serat dan protein, menu buka puasa buat otot maksimal.

Mengenali sistem tubuh saat puasa

Ada baiknya mengenali sistem tubuh saat jam-jam terakhir berpuasa sebelum membicarakan nutrisi. Seperti diketahui, tubuh akan kehilangan air sebanyak 1-2% dari bobot tubuh selama menjalankan puasa, jumlah tersebut secara langsung mengurangi kemampuan berpikir dan konsentrasi. Saat tubuh kehabisan cadangan glikogen, maka protein otot akan diambil paksa untuk menghadirkan energi ekstra.

Gantikan dengan nutrisi tepat

Dilansir dari laman l-men.com, agar tubuh cepat pulih usai berpuasa apalagi setelah berolahraga sejam sebelum berbuka, maka menu buka puasa buat otot maksimal harus mengandung lima nutrisi di bawah ini.

1. Karbohidrat

Pastikan tubuh memperoleh karbohidrat saat berbuka puasa. Karbohidrat akan memenuhi kebutuhan terhadap cadangan glikogen sekaligus merangsang sekresi hormon insulin untuk memaksimalkan pertumbuhan otot. Walaupun masuk kategori penting, jangan mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan, cukup tiga butir kurma atau buah-buahan segar.

2. Air

Tubuh yang kehilangan banyak cairan saat berpuasa harus segera digantikan. Minum dua gelas air putih saat berbuka puasa, diikuti dengan empat gelas sebelum tidur malam dan dua gelas saat sahur. Air yang diperoleh dari buah-buahan juga sangat direkomendasikan. (Baca: 9 Buah Segar Kaya Kandungan Air Untuk Berbuka Puasa)

3. Protein

Otot sangat membutuhkan protein agar cepat pulih setelah berpuasa dan berolahraga. Oleh karena itu, menu buka puasa buat otot maksimal harus mengandung 20 gram protein berkualitas tinggi, entah itu berasal dari kedelai, telur ataupun susu. Cara paling mudah yaitu mengkonsumsi minuman susu berprotein tinggi saat berbuka puasa.

4. Vitamin B kompleks

Inilah vitamin penting bagi tubuh yang berperan mengubah lemak dan karbohidrat menjadi energi. Vitamin B kompleks bisa diperoleh dari makanan atau minuman kaya protein tinggi seperti susu dan telur.

5. Vitamin C & E

Menu buka puasa buat otot maksimal harus mengandung vitamin C dan E. Semuanya bisa diperoleh dari kacang-kacangan, sayur dan buah-buahan. Kedua vitamin ini membuat tubuh tidak gampang sakit dan tetap bugar.