Tak terasa sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba, sudahkah anda mempersiapkan busana yang akan dipakai nanti? Jika sudah menyiapkan budget tetapi belum tahu apa yang ingin dibeli, ada baiknya melihat trend model baju lebaran 2015 yang tengah digandrungi saat ini. Yuk bahas lebih detail.

model baju lebaran 2015
ilustrasi model baju lebaran 2015 (doc/riifashion.com)

Busana muslimah

Jilbab ikat atau kerudung yang diikat ke leher untuk menutupi rambut dan kepala bukan lagi trend populer saat ini.

Trend yang sedang digemari sekarang ini adalah busana gamis syar’i, yakni berupa hijab dan pakaian yang menutupi leher, dada hingga lekukan tubuh. Busana ini sesuai aturan atau syari’ah dalam agama Islam dan menjadi kebutuhan di kalangan wanita muslim.

Popularitas gamis syar’i kian meningkat karena sering dikenakan oleh selebriti wanita yang memutuskan untuk berhijab dan menutupi aurat. Busana ini juga dikenakan oleh ustadzah-ustadzah dari kalangan artis sehingga semakin diminati di pasaran.

Ada banyak model baju gamis lebaran 2015, salah satunya terinspirasi dari drama sejarah India, Jodha Akbar. Selain busana gamis syar’i, trend lain yang cukup populer adalah kerudung atau hijab model pashmina yang terbuat dari sifon.

Baju koko pria

Trend model baju lebaran 2015 juga hadir untuk kalangan pria, tentu saja masih mengandalkan baju koko.

Kini baju koko model simetris sudah ketinggalan jaman, ada baiknya memilih baju koko yang mengusung motif asimetris bernuansa etnik dengan sentuhan gaya baru di kantung saku, kancing, lengan dan kerah.

Pilihan menarik lainnya yaitu busana muslim sarimbit atau berpasangan antara pria dan wanita, cocok sekali untuk pasangan suami-istri supaya terlihat kompak serta mencerminkan keluarga sakinah.

Mukena

Trend model baju lebaran 2015 juga sampai ke mukena. Jika mukena sudah usang, tak ada salahnya mengganti dengan yang baru. Sebaiknya memilih mukena pelangi dan mukena bali, cocok dipakai saat melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri.

Baju muslim anak-anak

Anak-anak tentu ingin tampil baru di Hari Raya Lebaran, terutama anak perempuan. Boleh juga memberikan mereka busana syar’i, namun sedikit dimodifikasi sehingga tak menghilangkan penampilan masa kecilnya. Trend model baju lebaran 2015 untuk anak-anak, entah itu laki-laki atau perempuan, dihiasi dengan warna-warna ceria dan bergambar tokoh kartun favorit.