Sudah siap pulang mudik ke kampung halaman? Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan selain fisik dan mental supaya perjalanan lebih menyenangkan tanpa kendala apa pun.

Cak Lontong, komedian Indonesia yang sering nongol di TV, turut menyampaikan sejumlah tips bagi para pemudik. Lalu, seperti apa sih tips mudik ala cak lontong?

tips mudik
tips mudik (doc/deviantart.net/AndreaSardy)

1. Sebelum melakukan perjalanan mudik, coba periksa kembali apakah rumah sudah dalam keadaan terkunci dan pastikan anda tidak berada di dalam rumah.

2. Demi mengurangi niatan orang-orang jahat yang ingin merampok rumah anda, pasang alat pengamanan tambahan seperti garis polisi ataupun papan pengumuman bertuliskan, ‘Rumah Dalam Pengawasan KPK’ atau pasang ekterior rumah yang memberi kesan angker.

3. Jika memilih mudik memakai kapal laut atau pesawat terbang, usahakan tidak naik atau turun di tengah perjalanan.

4. Jika mudik memakai bus, pastikan wujud kendaraan itu panjang, beroda besar dan punya banyak jendela. Jika tidak, kemungkinan besar itu cuma odong-odong.

5. Waspadai orang asing yang kerap menawarkan makanan dan minuman. Demi keamanan sepanjang perjalanan, minta mentahnya saja.

6. Demi mengantisipasi sesaknya penumpang di kendaraan, mohon tidak membawa barang-barang yang tidak perlu seperti sofa, kasur, gen set, mesin cuci, kulkas, tangga, apalagi meja makan.

7. Harap tidak membawa baju banyak-banyak karena ini pulang mudik, bukan minggat.

8. Tips mudik yang paling penting adalah pastikan anda punya Kampung Halaman.

tips mudik ala cak lontong
8 tips mudik ala cak lontong (doc/uniqpost.com)

Itulah delapan tips mudik ala cak lontong yang sedikit memberi senyuman menjelang waktu keberangkatan. Ingat, mudik harus dibawa santai tanpa beban sehingga perjalanan terasa lebih ringan dan nyaman.

Selain membaca tips mudik lebaran, bagi pemudik yang memakai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, jangan lupa memasang aplikasi jalur mudik lebaran 2015 di perangkat Android untuk mendapat informasi terkini yang mempermudah perjalanan ke lokasi tujuan.

Semua tips mudik ala cak lontong di atas jangan dibawa serius karena hanya hiburan semata. Oleh karena itu, persiapkan segala sesuatu dengan baik beserta persiapan matang. Jadi, anda tiba di kampung halaman dengan selamat dan kembali ke rumah di kota tanpa kekurangan apa pun.