Banyak cara dilakukan seseorang untuk pulang mudik ke kampung halaman menjelang Hari Raya Lebaran datang, mulai dari menaiki pesawat, bus hingga kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor.

Pulang mudik dengan kendaraan pribadi yakni mobil, merupakan pilihan tepat karena bisa memuat banyak penumpang dan barang-barang. Meskipun anda seorang pengendara mobil yang handal, ada beberapa hal harus dilakukan terhadap kendaraan agar tidak mengalami sesuatu. Berikut ini tips mudik dengan mobil pribadi agar selamat sampai tujuan.

tips mudik dengan mobil
5 tips mudik dengan mobil (doc/kompasiana.com)

1. Cek mobil

Mobil yang akan dipakai untuk perjalanan jarak jauh harus di cek terlebih dahulu kondisi fisiknya, mulai dari memeriksa air aki, wiper, air radiator hingga tekanan angin ban. Selain itu, pemilik kendaraan wajib memeriksa sistem kelistrikan dan pastikan dalam kondisi baik. Ada baiknya membawa mobil ke tempat servis untuk memeriksa fan belt, karet mobil, minyak rem, power steering dan oli mesin.

2. Persiapan cadangan

Demi mengantisipasi kejadian-kejadian tak terduga selama perjalanan, selalu siapkan peralatan, perlengkapan dan cadangan seperti peta perjalanan, senter, segitiga pengaman, kunci inggris, kunci busi, obeng plus minus, berbagai kunci, dongkrak + pemutar dan ban serep. Hal terpenting yang tak boleh terlupakan yaitu surat kelengkapan seperti STNK dan SIM.

3. Kondisi fisik

Tips mudik dengan mobil tak hanya berkaitan dengan kondisi fisik kendaraan, namun fisik si pengemudi. Pastikan kondisi tubuh tetap prima, tidak lelah atau ngantuk. Jangan memaksakan diri untuk menyetir dalam keadaan ngantuk, disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu.

4. Keamanan berkendara

Demi mengurangi resiko kecelakaan yang selalu mengintai, disarankan selalu memakai sabuk pengaman. Wanita hamil 6-7 bulan disarankan tidak membawa kendaraan karena kondisi perut yang sudah membesar akan mengurangi kesigapan dan kegesitan untuk bermanuver, selain itu kurang aman dan nyaman sewaktu menginjak gas dan pedal rem. Inilah tips mudik dengan mobil yang harus teringat selalu.

5. Respon

Pengemudi harus memiliki respon yang baik sewaktu mengendari mobil. Pastikan bisa menguasai jalan dalam berbagai kondisi. Respon pengemudi dan respon mobil harus saling melengkapi satu sama lain, oleh karena itu perhatikan jarak kendaraan yang ada di depan anda. Inilah tips terakhir pulang mudik dengan mobil pribadi, gampang kan?