Apa sih ciri-ciri pembalut wanita yang berbahaya? Pertanyaan sederhana ini muncul dibenak wanita Indonesia seiring berhembusnya kabar penemuan sejumlah produk pembalut yang mengandung zat berbahaya.

Sejauh ini pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah meminta para wanita tidak khawatir dengan ditemukan kandungan klorin pada sejumlah merek pembalut ternama. Yang perlu diwaspadai yaitu pembalut dengan kandungan dioxin.

pembalut wanita yang berbahaya
Apa sih ciri-ciri pembalut wanita yang berbahaya? (doc/detik.com)

“Sebenarnya para wanita tak usah khawatir dengan pemakaian klorin pada produk pembalut, justru yang tidak diperbolehkan itu mengandung dioxin. Mengapa demikian? Dioxin bisa menguap akibat suhu panas dan mudah masuk ke dalam tubuh,” ungkap Maura Linda Sitanggang selaku Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementeria saat ditemui di Jakarta, Selasa (7/7).

Pembalut wanita yang berbahaya dengan kandungan tinggi dioxin bisa memicu pertumbuhan sel kanker serviks. Akan tetapi Linda tak mengetahui secara pasti soal hubungan kanker dengan dioxin. Menurut sepengetahuannya, sel kanker serviks bisa berkembang begitu pesat disebabkan oleh virus dan bukan zat kimia.

Meskipun demikian, penggunaan dioxin pada produk pembalut sudah dilarang. Linda pun mengatakan bahwa semua merek pembalut yang punya izin edar di pasaran Indonesia sudah bebas dioxin dan aman dipakai. Sementara pemakaian klorin pada produk pembalut masih dinilai dalam batas kewajaran alias aman.

“Yang paling penting merek atau produk pembalut sudah mendapat izin edar ke tengah-tengah masyarakat. Jadi, tak perlu khawatir bila sudah mendapat izin edar, masyarakat harus tenang. Setiap bulan kami juga selalu melakukan sampling,” ungkap Linda.

Sebelumnya, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) merilis daftar pembalut berbahaya di Indonesia yang mengandung klorin. Diketahui ada 9 merek pembalut dan 7 pentyliner yang mengandung zat kimia tersebut.

Semua sampel telah diuji dan terbukti mengandung klorin dengan jumlah kadar yang beragam. Berdasarkan hasil pengujian YLKI, kandungan klorin bisa mengganggu kesehatan wanita terutama organ intim. Oleh karena itu, produk pembalut yang sudah teruji dinyatakan tak memenuhi hak konsumen untuk memakai produk yang aman.

Intinya, ciri-ciri pembalut wanita yang berbahaya yakni mengandung zat kimia, klorin dan dioxin. Keduanya memang tak kasat mata, hanya bisa dibuktikan via pengujian. Klorin sendiri sudah dilarang FDA (Badan POM Amerika Serikat) untuk digunakan pada pembalut. (Baca: Ini Ciri-Ciri Pembalut Yang Aman & Sehat Menurut Dokter)