Teknoflas.com – Ajang balap MotoGP sangat menarik minat para penonton, terutama pecinta kendaraan sepeda motor. Sejumlah pembalap profesional berhasil mencuri hati penonton atas kemampuan memacu kendaraan roda dua di lintasan balap. Adu balap tak hanya memicu adrenalin penonton dan pembalap profesional, ajang ini tetap menghadirkan resiko kecelakaan tinggi yang bisa merenggut nyawa.

Beberapa insiden tabrakan selama MotoGP digelar telah meninggalkan luka begitu mendalam bagi keluarga dan fans dari pembalap yang tewas kala bertanding adu kecepatan. Berikut ini lima pembalap profesional MotoGP yang harus berakhir tragis dan menghembus nafas terakhir di lintasan balap.

1. Michel Frutschi (1983)

michel

Pembalap Swiss ini memasuki masa keemasan pada tahun 1979. Dia berhasil berada di posisi kelima dalam kejuaraan motor 350cc. Sayang, kecelakaan di sirkuit Le Mans, Prancis, pada tahun 1983 telah merenggut nyawanya. Dia pun meninggal di usia 30 tahun, tepatnya di ajang balap motor yang telah membesarkan namanya.

2. Ivan Palazzese (1989)

ivan

Kejadian berlangsung di tahun 1989 saat GP Hockenheim. Motor yang dikendarai Ivan bermasalah dengan mesin sehingga terjatuh di sebelah pembalap lain, Andreas Preining. Dia langsung dihantam pembalap lain yang tengah melaju dengan kecepatan tinggi. Kecelakaan terjadi begitu cepat dan tim dokter belum bisa mendatanginya. Ivan sempat ditolong oleh pembalap Vergio Ferrari yang menghentikan laju kendaraannya, namun semua terlambat.

3. Daijiro Kato (2003)

daijiro

Pembalap Jepang ini menghembuskan nafas terakhir saat mengikuti sesi latihan di sirkuit Suzuka pada tahun 2003 silam. Saat tengah melaju dengan kecepatan tinggi, Daijiro hilang keseimbangan hingga jatuh terseret dan menghantam dinding pembatas. Luka yang dialami cukup serius sehingga nyawanya tak tertolong lagi saat dilarikan ke rumah sakit.

4. Shoya Tomizawa (2010)

shoya

Pembalap Jepang yang mengalami kecelakaan fatal pada ajang Moto GP seri San Marino tahun 2010 silam. Kepergiannya tergolong cepat mengingat usianya masih 19 tahun. Shoya yang sedang mengendarai motornya malah terjatuh lalu dihantam Scoot dan Alex tepat di belakangnya. Dia pun terpental cukup jauh hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

5. Marco Simoncelli (2011)

marco

Siapa yang tak kenal dengan pembalap asal Italia ini? Marco dikenal sebagai pembalap pemberani yang tak takut resiko apa pun. Sayangnya, kecelakaan di sirkuit Sepang, Malaysia, pada tahun 2011 telah merenggut nyawanya.

Waktu itu, Marco coba menyalip Alvaro di tikungan tetapi malah terjatuh dari tunggangannya dan langsung dihantam Colin Edward serta Valentino Rossi yang tepat berada di belakang. Tabrakan fatal itu membuat helm Marco ikut terlepas, dan menghembuskan nafas terakhir dalam perjalanan ke rumah sakit terdekat.