Teknoflas.com – Seperti diketahui, Microsoft telah menyediakan Windows 10 via situs resminya. Pengguna Windows seri lawas, 7 dan 8.1, diperbolehkan mengunduh secara gratis untuk perangkat kesayangan mereka, baik itu PC atau laptop.

Walaupun gratis, pengguna diharapkan tak terburu-buru meng-update atau melakukan instalasi. Jika tanpa persiapan tepat justru berdampak buruk bagi perangkat itu sendiri, bahkan ada kemungkinan data penting pun hilang saat update tengah berjalan.

Persiapan Instal Windows 10 (doc/ubergizmo.com)
Persiapan Instal Windows 10 (doc/ubergizmo.com)

Demi menghindari hal-hal tak diinginkan, segera jalankan 4 langkah berikut ini.

1. Backup data-data penting

Saat mengupdate, pengguna diberi tiga opsi yakni mempertahankan semua data, mempertahankan sejumlah data penting dan proses instalasi total yang membuat semua data di perangkat ikut terhapus.

Pilihan pertama menjaga semua data tetap utuh, pilihan kedua hanya menghapus aplikasi tanpa file yang tersimpan di perangkat dan pilihan ketiga untuk penghapusan total. Walaupun proses instalasi aman, ada baiknya mem-backup data-data penting untuk menghindari hal-hal tak diinginkan.

2. Microsoft ID

Demi kelancaran proses instalasi Windows 10, ada baiknya menyiapkan Microsoft ID terlebih dahulu. Microsoft ID merupakan akun untuk menikmati semua layanan Microsoft dan bisa melancarkan proses update, demikian menurut pengakuan sejumlah pengguna. Kunjungi alamat https://www.microsoft.com/id-id/account/default.aspx untuk membuat Microsoft ID secara gratis.

3. Periksa aplikasi di PC/Laptop

Update Windows 10 akan berpengaruh langsung pada software atau aplikasi di PC/Laptop. Aplikasi mungkin saja tidak berjalan lancar usai proses update selesai. Oleh karena itu, periksa seluruh aplikasi di perangkat apakah sudah kompatibel dengan Windows 10 atau belum. Sebelum meng-update, silahkan persiapkan semua data dan driver instalan aplikasi.

4. Spesifikasi perangkat

Ada baiknya mengecek spesifikasi perangkat terlebih dahulu, apakah memenuhi syarat menjalankan windows 10 atau tidak. Microsoft menetapkan standar persyaratan yang wajib dipenuhi, ada pun di antara syaratnya yaitu prosesor berkecepatan minimal 1 GHz, memori RAM minimal 1GB untuk arsitektur 32-bit dan RAM minimal 2GB untuk arsitektur 64-bit.

Jadi bagi pengguna sistem operasi seri lawas, yakni Windows 7 dan 8.1, diwajibkan melakukan empat hal di atas sebelum memulai pengunduhan Windows 10. Selamat mencoba!