Biodata Thomas Lembong
Biodata Thomas Lembong (doc/merdeka.com)

Biodata Lengkap Thomas Lembong, Si Menteri Perdagangan Baru

Teknoflas.com – Biodata Thomas Lembong menjadi buruan hangat masyarakat Indonesia yang penasaran dengan sang sosok Menteri Perdagangan baru. Seperti diketahui, pengusaha muda itu baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Rachmat Gobel.

Dilansir Teknoflas.com dari laman Aktualita, Thomas Lembong merupakan salah satu menteri yang berasal dari non partai, artinya berstatus sebagai kalangan profesional. Meskipun demikian, terdengar kabar bahwa ia merupakan relawan Jokowi dan orang dekat mantan Walikota Solo tersebut.

Biodata Thomas Lembong
Biodata Thomas Lembong (doc/merdeka.com)

Menurut biodata Thomas Lembong dilansir dari beberapa sumber, pengusaha muda Indonesia ini bernama lengkap Thomas Trikasih Lembong. Ia dikenal sebagai cofounder Quvat Capital, sebuah perusahaan investasi yang terkemuka di Indonesia.

Tak hanya itu saja, ia pernah mengelola sejumlah perusahaan, sebut saja Farindo Investments, Morgan Stanley dan Deutsche Bank. Bagi mereka yang hobi nonton film terbaru di bioskop, Megablitz Cineplex merupakan salah satu perusahaan milik Thomas Lembong, meskipun tak lagi menjadi komisaris utama sejak tahun 2014 silam.

Pengalaman Thomas memimpin perusahaan sudah tak perlu diragukan lagi, ia sempat menjabat Division Head dan Senior Vice-President dari Indonesian Bank Restructuring Agency selama dua tahun.

Siapa Thomas Lembong yang sebenarnya? Dia merupakan lulusan Harvard University yang meraih gelar Bachelor of Arts pada tahun 1994 silam. Saat ini Quvat punya modal USD 500 juta yang berkomitmen dan 11 perusahaan portofolio di sejumlah sektor termasuk keuangan, konsumen dan logistik kelautan. Pada tahun 2008 silam, Thomas diangkat sebagai Young Global Leader (YGL) oleh World Economic Forum (Davos).

Menurut desas-desus yang berhembus kencang di luar sana, nama Thomas Lembon sebenarnya ikut masuk sebagai salah satu nominasi dalam penyusunan kabinet tahun lalu. Dia digadang-gadang menempati posisi Kepala BKPM atau Menteri Keuangan.

Baca Juga  Ini Ciri-Ciri Menteri Yang Berani Hina Presiden Jokowi

Salah satu prestasi membanggakan dalam biodata Thomas Lembong yaitu penghargaan Young Global Leaders 2008 dari World Economic Forum yang menempatkan dirinya sejajar dengan Tonny Hawk (skater), Steffi Graff (petenis) dan Leonardo Di Caprio (aktor).

Berikut perjalanan karir yang menghiasi biodata Thomas Lembong.

  • 1995 – 1996: Divisi ekuitas di Morgan Stanley (Singapore) Pte. Ltd.
  • 1999 – 2000: Bankir investasi di Deutsche Securities Indonesia
  • 2000 – 2002: Badan Penyehatan Perbankan Nasional
  • 2002 – 2005: Manajer Investasi di Farindo Investment
  • 2006 – sekarang: Partner di Quvat Management
  • 2012: Komisaris utama PT Graha Layar Prima Tbk, merupakan pemilik bisnis bioskop Blitz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *