Teknoflas.com – Bagaimana cara mengatasi susah tidur malam? Seperti diketahui, kurang tidur berdampak negatif bagi kesehatan, entah fisik ataupun mental. Adapun efek buruknya seperti sistem kekebalan tubuh terganggu, rusaknya suasana hati alias mood hingga turunnya konsentrasi dan produktivitas kerja

Jika tak mau merasakan efek negatif yang merugikan, coba lakukan lima hal sederhana ini setiap hari.

Mengatasi Susah Tidur
Mengatasi Susah Tidur

1. Tingkatkan waktu olahraga

Sudah saatnya meningkatkan aktivitas olahraga setidaknya 30 menit sehari, itu solusi terbaik meningkatkan kualitas tidur dalam waktu singkat. Meskipun efektif, disarankan tak berolahraga tiga sampai empat jam sebelum tidur malam karena dapat merusak kualitas tidur.

2. Batasi asupan kafein

Suka minum kopi? Sebaiknya batasi asupan kopi setidaknya 1 cangkir sehari. Seperti diketahui, kopi memiliki kandungan kafein tertinggi. Dengan membatasi asupannya, maka turut bantu meningkatkan kualitas tidur. Pakar kesehatan menyarankan agar tidak minum kopi setelah makan siang. Minum saja 1 cangkir di pagi hari dan tidak lebih dari itu.

3. Atur suhu kamar

Cara mengatasi susah tidur malam yaitu memperhatikan kondisi kamar, terutama suhu atau temperatur udara. Pastikan kamar tidur memiliki susana tenang, gelap dan sejuk. Coba atur suhu kamar tidur untuk meningkatkan kualitas tidur lebih baik.

4. Fungsi utama kamar tidur

Jangan letakkan segala sesuatu yang membuat kamar tidur tak sesuai dengan fungsi utamanya. Artinya, jangan taruh laptop, meja belajar, komputer, tv, game konsol, bahkan gadget. Hindari menaruh segala sesuatu yang membuat anda terus aktif sehingga tidak bisa tidur hingga larut malam.

5. Coba ritual tertentu

Ada baiknya melakukan ritual tertentu sebelum tidur seperti baca novel atau buku favorit yang sudah terbukti ampuh sebagai cara mengatasi susah tidur malam. Semua orang punya ritual berbeda sebelum tidur, ada yang mengaji, dengar lagu-lagu mellow hingga menyalakan lilin aromaterapi.

Itulah lima cara yang sudah terbukti mengatasi susah tidur malam dan meningkatkan kualitas tidur. Jangan pernah remehkan atau abaikan kurang tidur karena berdampak negatif bagi kesehatan fisik dan mental.