Teknoflas.com – Tampil cantik merupakan idaman semua wanita di seluruh dunia, sayangnya masih ada mitos-mitos menyesatkan yang masih dipercayai hingga jaman modern ini. Ada banyak mitos kecantikan yang belum tentu kebenarannya namun masih dipercaya oleh sebagian besar wanita Indonesia.

Sejumlah mitos kecantikan patut dipertanyakan kembali dan perlu pembuktian kebenaran. Berikut empat mitos yang perlu dipertanyakan kebenarannya supaya kaum hawa tidak terkecoh dan benar-benar memahami makna serta penyebab.

Mitos Kecantikan
Mitos Kecantikan

1. Penyebab mata panda bukan kurang tidur

Banyak wanita merasa tak percaya diri dengan kemunculan lingkaran hitam di bawah mata atau populer disebut mata panda. Sebenarnya mata panda bukan disebabkan kekurangan atau kelebihan waktu tidur, tetapi hasil konsentrasi vena yang ada di bawah kulit yang sangat tipis akibat bagian dari genetika. Meskipun demikian, pastikan tubuh memperoleh cukup istirahat karena kurang tidur bisa memicu gangguan berat badan dan memori.

2. Penyebab jerawat bukan coklat & makanan berminyak

Mitos yang menyebutkan ‘makanan berminyak dan coklat merupakan penyebab jerawat’ sudah turun menurun disampaikan banyak orang. Sebenarnya, kedua makanan tersebut tidak menyebabkan munculnya jerawat di permukaan kulit. Justru makanan seperti kerang atau sushi yang dapat memicu pertumbuhan jerawat akibat kadar yodium tinggi.

3. Banyak minum air putih bikin hidrasi kulit

Usia dan lingkungan mempengaruhi tingkat kelembaban kulit, bukan dari banyaknya air putih yang diminum dalam sehari. Kulit manusia tak seperti tanaman. Kulit tampak pucat saat tak terhidrasi dan banyak yang menganggapnya karena haus serta perlu banyak minum air putih. Sebenarnya itu hanya bagian dari motivasi belaka.

4. Cabut sehelai uban, bakal tumbuh lebih banyak uban

Mitos ini sudah beredar begitu lama dan banyak dipercayai oleh para wanita. Benarkah mencabut sehelai uban bakal menumbuhkan lebih banyak uban? Mitos itu ternyata tidak benar, satu folikel rambut hanya bisa ditumbuhi oleh satu helai rambut. Jangan tak perlu khawatir bila mencabut sehelai uban saja, namun disarankan tidak melakukan itu. Bila risih dengan banyaknya uban di kepala, warnai saja dengan mendatangi salon kesayangan.

Itulah empat mitos kecantikan menyesatkan yang masih dipercayai oleh sebagian besar wanita Indonesia meskipun jaman sudah modern.