Teknoflas.com – Facebook merupakan media sosial terpopuler dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Ada beragam fitur keren yang dihadirkan yang membuat pengguna betah berlama-lama menatap layar.

Facebook kerap digunakan untuk membangun komunikasi antar keluarga, teman, sahabat, kerabat hingga membentuk komunitas. Walaupun menawarkan segudang manfaat luar biasa, tak jarang Facebook sering disalahgunakan untuk kegiatan merugikan pihak-pihak tertentu seperti penipuan hingga memancing kerusuhan.

Hapus Akun Facebook
Hapus Akun Facebook

Agar akun Facebook tak ‘dijaili’ orang-orang tak bertanggung jawab, ada baiknya diberi proteksi yang lebih kuat seperti memasang password dengan susunan yang rumit. Jika ingin berhenti dari media sosial, sebaiknya hapus akun Facebook secara permanen agar tak dimanfaatkan oleh orang iseng.

Menghapus akun secara permanen ada konsekuensi yang harus ditanggung yaitu tak bisa diaktifkan kembali, begitu juga mengambil data yang sudah diunggah ke Facebook. Oleh karena itu, sebaiknya mengunduh salinan informasi sebelum menghapus akun Facebook secara permanen. Bagaimana caranya?

1. Klik tanda panah ke bawah yang ada di bagian kanan atas layar monitor.

2. Alihkan pandangan ke ‘Settings’ lalu klik.

3. Klik link yang ada di bagian bawah menu utama. Link itu tertulis “Download a copy of your Facebook data”.

4. Setelah Facebook data selesai diunduh, silahkan menuju ke sini lalu klik opsi ‘Delete my account’. Ikuti langkah-langkah yang ada di laman tersebut untuk konfirmasi penghapusan akun.

Butuh waktu sekitar 90 hari untuk Facebook menghapus segala sesuatu yang sudah diposting oleh si pengguna, entah itu data, update status hingga foto. Hanya saja sejumlah pesan yang pernah dikirim ke teman tidak akan terhapus dan tetap ada dalam kotak masuk (inbox) mereka.

Tidak sulit bukan menghapus akun Facebook secara permanen? Jika belum berhasil dan gagal, coba ikuti kembali langkah-langkah di atas secara detil.