Teknoflas.com – Google Chrome dilaporkan telah menyentuh pangsa pasar hingga 56 persen yang membuatnya mendominasi di perangkat desktop. Sayangnya angka tersebut sedikit membingungkan karena masih ada pesaing lain yang tak kalah keren seperti Safari, Opera dan legendaris Firefox. Oleh karena itu, sejumlah pihak menyebut Chrome bukanlah yang terbaik.

Chrome disukai dan menjadi populer karena kemampuan sinkronisasi yang dapat digunakan pengguna ke sejumlah perangkat. Walaupun menawarkan fitur hebat, Mozilla Firefox tetap memiliki keunggulan yang membuatnya jauh lebih baik. Mengapa?

Browser Firefox
Browser Firefox

1. Kurang banyak memori RAM

Walaupun Google Chrome terus mengalami pembaruan secara rutin, browser ini tetap digolongkan sebagai ‘juara’ yang menguras banyak memori RAM. Tentu saja ada imbas negatif dari kemampuan rendering halaman tercepat, faktor itulah yang membuat banyak memori RAM terkuras.

2. Kemudahan ekstensi

Chrome memang dilengkapi dengan puluhan ekstensi, namun Firefox mengusung lebih banyak ekstensi. Salah satunya yaitu ekstensi NoScript yang hanya ada untuk browser Firefox saja. Selain itu ada pula ekstensi yang memudahkan pengguna untuk mengunduh file video dari Youtube. Ekstensi serupa sulit bekerja di Chrome, kecuali pengguna men-tweak sejumlah pengaturan keamanan.

3. Privasi lebih baik

Cari browser dengan privasi terbaik? Chrome bukan jawaban yang tepat karena google akan memantau dan melacak setiap aktivitas di akun untuk memastikan iklan yang ditargetkan tetap relevan.

Chrome selalu meminta pengguna untuk mengasosiasikan aplikasi dengan Google ID agar data bisa sinkron, itulah masalah privasi utama. Sementara Firefox tidak menyediakan hal-hal seperti itu. Untuk memperketat pengaturan privasi, pengguna bisa menambahkan ekstensi.

4. Gampang dipakai

Firefox merupakan browser user-friendly atau sangat mudah digunakan. Melakukan scroll dengan mouse semakin gampang berkat user interface dan side scroll. Hal inilah yang tak ada di Chrome, termasuk sebuah kota pencarian terpisah yang memungkinkan pengguna menikmati layanan dari mesin pencari lainnya seperti Bing.

5. Modus reader bawaan

Firefox mengusung modus yang menghapus semua iklan dari situs web untuk membaca artikel cetak dengan gaya menakjubkan. Bagi mereka yang suka browsing dengan kemampuan membaca terbaik tanpa gangguan iklan-iklan, Firefox adalah pilihan terbaik.