Teknoflas.com – Saat ini di pasaran ramai oleh beragam jenis oli, mulai dari semi-synthetic hingga full synthetic. Konsumen harus berhati-hati dalam memilih jika tak ingin menyesal di kemudian hari. Lalu, manakah yang terbaik untuk sepeda motor kesayangan?

Sparepart Manager Astra Motor Mataram, Irwandi Usmanto, memberi tips bagi riders yang memiliki sepeda motor Honda. Ia mengatakan bahwa kendaraan roda dua terbaru keluaran Honda sudah mengusung mesin dengan kerapatan sangat tipis. Setidaknya motor sudah bisa disuntik oli jenis semi-synthetic.

Cara pilih oli sepeda motor Honda
Cara pilih oli sepeda motor Honda

“Motor keluaran terbaru sudah cukup memakai oli semi-synthetic,” ucapnya dilansir Teknoflas.com dari laman detikOto.

Sementara itu, oli full synthetic lebih cocok disuntikkan ke motor yang lebih bertenaga.

“Konsumen yang sering memakai sepeda motor untuk menempuh jarak jauh lebih disarankan pilih oli full synthetic,” ungkap Service Manager Astra Motor Mataram, Anton Prihatno.

Menurut Anton, oli full synthetic masih mampu melumasi mesin pada putaran tinggi. Oleh karena itu, disarankan memilih oli full synthetic dengan endurance tinggi. Oli lebih teruji dalam melumasi mesin pada putaran tinggi dan lebih mendinginkan mesin.

Sementara sepeda motor Honda keluaran tahun 2009 ke atas disarankan memakai oli dengan tingkat kekentalan rendah atau kondisi encer. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan susunan komponen mesin motor yang lebih rapat.

Sparepart Manager Astra Motor Mataram, Irwandi Usmanto, kembali menganjurkan untuk tak memakai oli dengan tingkat kekentalan tinggi. Kerapatan mesin yang sudah sangat tipis namun memakai oli dengan tingkat kekentalan tinggi maka proses pelumasan tidak akan sempurna.

Dianjurkan memilih standar oli dengan SAE 10W-30 yang mana tingkat kekentalannya sudah diuji dan memiliki komposisi terbaik. Sedangkan sepeda motor Honda keluaran 2009 ke bawah bisa memakai oli yang lebih kental.

“Oli SAE 10W-30 lebih tipis dan memiliki komposisi terbaik berdasarkan riset. Kalau oli di atasnya maka tidak akan melumasi dengan baik. Oli kental boleh dipakai untuk sepeda motor keluaran di bawah 2009,” ucap Irwandi.