Teknoflas.com – Selain ini telinga dikenal sebagai salah satu panca indera yang berfungsi sebagai alat pendengaran. Ternyata fungsinya tak hanya itu, melainkan menjaga keseimbangan tubuh manusia.

Sebagai salah satu organ paling sensitif, ada lima fakta menarik seputar telinga yang harus anda tahu sebagaimana dilansir Teknoflas.com dari laman Boldsky.

5 Fakta Menarik Telinga
5 Fakta Menarik Telinga

1. Rambut halus tak bisa tumbuh

Mungkin tak banyak orang menyadari bila di dalam telinga terdapat rambut-rambut halus. Fungsinya yaitu mengirimkan gelombang suara ke otak untuk dianalisis dan dipahami. Peran rambut-rambut halus sangat penting, sedikit kerusakan justru memicu tuli. Oleh karena itu, pastikan kondisi telinga bagian dalam tetap terjaga baik demi menghindari kerusakan rambut-rambut halus yang tak bisa tumbuh kembali.

2. Fungsi telinga selalu ‘on’

Pada saat tidur, telinga akan selalu bekerja alias ‘on’. Lalu kenapa tak bisa mendengar suara apapun ketika sedang tidur? Hal ini disebabkan otak yang sedang istirahat sehingga kemampuan pendengaran tertutup untuk sementara waktu. Intinya adalah, fungsi telinga tak pernah ‘tidur’.

3. Telinga bikin mual

Selama ini banyak yang mengira sensasi mual dan muntah saat menempuh perjalanan jauh disebabkan masalah perut. Padahal semua diawali dari telinga bagian dalam. Adanya gangguan pusat keseimbangan di telinga, maka muncul sensasi ingin muntah.

4. Penyeimbang tubuh

Seperti yang tertulis di paragraf sebelumnya, telinga punya peran lain yakni menciptakan keseimbangan tubuh sehingga seseorang bisa berdiri tegak dan tak terjatuh. Tak hanya itu saja, telinga turut menjaga keseimbangan kepala.

5. Bersih sendiri

Telinga dapat membersihkan sendiri sehingga fungsinya sebagai alat pendengaran tetap terjaga. Seperti diketahui, telinga memproduksi lilin yang bersifat melindungi serta mendorong keluar penumpukan kotoran. Semua proses turut dibantu oleh silia, rambut-rambut kecil yang terdapat di bagian dalam telinga.