Info CPNS 2014

Info CPNS 2014: NIK Sudah Terpakai saat Registrasi, Ini Solusi dari Panselnas

Info CPNS 2014

TeknoFlas.com – Pendaftaran CPNS online 2014 di portal panselnas.menpan.go.id memang menimbulkan sejumlah masalah yang sering dihadapi oleh peserta, mulai dari sering ambruknya server portal panselnas sampai dengan kesusahan untuk registrasi.

Salah satu contoh masalah dalam pendafaran cpns 2014 secara online ini adalah adanya keluhan mengenai NIK (Nomor Induk Kependudukan) sudah terpakai saat mau registrasi, padahal setiap peserta hanya diberi kesempatan sekali saja melakukan pendaftaran.

Untuk mengatasi masalah NIk sudah terpakai tersebut berikut ini solusi yang diberikan oleh panselnas. Kepada warga masyarakat atau pelamar yang mengalami permasalahan seperti tersebut di atas, pelamar dapat mengirimkan surat elektronik (email) kepada tim panitia seleksi nasional (Panselnas) dengan subyek Pengaduan Permasalahan NIK.

Di dalam email tersebut supaya dicantumkan identitas pelamar yang terdapat dalam KTP, kemudian dilampirkan pula scan KTP dan scan ijazah/akta kelahiran.

“Panselnas akan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Herman Suryatman dalam laman KemenPAN-RB, Selasa (2/9/2014).

Bukan itu saja pertanyaan yang muncul saat mendaftar, seperti pelamar melakukan registrasi di portal sscn.bkn.go.id atau portal mandiri instansi tertulis username tidak ditemukan.
Bila menghadapi persoalan ini, pelamar dapat login ke portal sscn.bkn.go.id atau portal mandiri instansi, pelamar harus menunggu setidaknya 1×24 jam setelah registrasi di portal panselnas. Jika setelah 1×24 jam masih tidak dapat login, maka silahkan mengirimkan email dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK, serta mengisikan kembali data sesuai dengan arahan pada running text portal Panselnas.

Pertanyaan lain, saat melakukan registrasi di portal pansenas tidak ada pilihan instansi yang dituju dalam daftar. Kalau ini yang terjadi, kemungkinan besar berarti instansi tersebut belum membuka pendaftaran atau masih dalam proses. “Karena itu, silahkan selalu melakukan pengecekan pada status dan jadwal di portal Panselnas,” imbuh Herman seperti dilansir dari Liputan6.com

Ditambahkan, untuk mengetahui waktu dan berapa lama suatu instansi/pemda membuka pendaftaran pelamar dapat melihat menu status dan jadwal. Namun yang pasti, waktu pendaftaran pada sebuah instansi akan dibuka selama 14 hari terhitung mulai tanggal dibuka di portal Panselnas CPNS 2014.

Baca Juga  Pendaftaran Online CPNS Kemenkeu 2014 di panselnas.menpan.go.id

Yang repot, kalau pelamar melakukan kesalahan input data saat melakukan registrasi di portal Panselnas. Sebab data yang telah di-input tidak dapat diubah kembali.

“Untuk itu peserta CPNS 2014 harus super hati-hati dalam pengisian data. Pelamar juga tidak dapat membatalkan registrasi pada portal Panselnas,” ujarnya.

Sekedar mengingatkan saja untuk alur pendaftaran CPNS 2014 adalah sebagai berikut:

Pendaftaran CPNS 2014 ini menggunakan sistem baru dimana untuk pendaftaran calon peserta baik untuk instansi pusat maupun daerah diwajibkan registrasi secara online di portal panselnas yang beralamat di www.panselnas.menpan.go.id setelah berhasil mendaftar para peserta akan mendapatkan email balasan dari panselnas, langkah selanjutnya peserta wajib melakukan login ke situs sscn.bkn.go.id untuk melengkapi data serta untuk melakukan print tanda peserta seleksi.

Banyak kendala yang biasa dihadapai oleh para peserta, misalnya tidak menerima email balasan dari panselnas solusinya silakan mencari email konfirmasi tersebut dalam kotak spam di akun anda.

Selain itu ada lagi kasus peserta tidak bisa login di situs sscn.bkn.go.id, dan untuk solusinya peserta diwajibkan menunggu selama 24 jam terlebih dahulu sebelum login ke sscn.bkn.go.id seperti yang dipaparkan panselnas beberapa saat yang lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *