Teknoflas.com – Meskipun beragam jenis kendaraan roda dua menginvasi pasar otomotif tanah air, peminat motor Vespa seakan tak berkurang. Masih banyak yang mengendarainya walaupun tipe jadul.

Vespa sudah merilis tipe terbaru, namun sebagian besar peminatnya di Indonesia justru sangat menyukai tipe lama keluaran puluhan tahun silam. Agar kendaraan roda dua berdesain retro ini bisa terus melaju kencang di atas jalan, maka perawatan mesin dan spare part harus diperhatikan dengan seksama.

image
Tips Merawat Motor Vespa

Sebenarnya tidak begitu sulit merawat kondisi mesin dan komponen Vespa. Berikut tiga langkah mudah merawatnya biar makin awet seperti disampaikan salah satu mekanik Casa da Vespa Jakarta, Stevanus.

1. Perawatan berkala itu wajib

Pemilik kendaraan yang baik wajib memperhatikan kondisi mesin dan spare part. Oleh karena itu, luangkan waktu sebanyak-banyaknya untuk perawatan secara berkala. Tindakan ini wajib berada di peringkat teratas.

“Kalau mau awet, perawatan berkala itu penting banget dan wajib rutin,” ungkap Stevanus seperti dilansir Teknoflas.com dari laman detik.

2. Cek jarak tempuh pemakaian

Dalam merawat kondisi sepeda motor, termasuk Vespa, jarak tempuh pemakaian wajib diperhatikan dengan seksama. Stevanus menyarankan agar kendaraan dibawa ke bengkel jika sudah mencapai 2.000 km.

Tindakan ini sengaja dilakukan untuk mengetahui bahwa Vespa dalam kondisi baik, terawat dan layak pakai. Nantinya pemilik bisa mewaspadai potensi kerusakan dan mengurangi kemungkinan terburuk di masa depan.

3. Periksa mesin CVT

Stevanus menyarankan kepada pemilik motor Vespa untuk selalu memeriksa kondisi CVT alias Continous Variable Transmission pada saat melakukan servis dan perawatan berkala.

“Mesin CVT itu sentral banget untuk motor Vespa, makanya harus diperhatikan kondisinya saat servis atau perawatan berkala,” ucapnya.

Itulah tiga langkah mudah merawat motor Vespa agar semakin awet dan tahan lama meluncur di atas jalan. Jagalah kendaraan klasik ini, sehingga tetap menarik ketika dikendarai.