Teknoflas.com – Video pembakaran gereja di Aceh Singkil akhirnya tersebar luas via jejaring sosial. Setelah dilakukan penelusuran, ternyata berasal dari akun Youtube ’ Daily Hot News’. Video itu diunggah pada tanggal 13 Oktober 2015.

foto pembakaran gereja di aceh singkil
foto pembakaran gereja di aceh singkil

‘Video Amatir!!! Gereja di Aceh Singkil dibakar Massa, 2 warga Tewas!!’ begitulah judul yang terpampang di laman Youtube. Video berdurasi 2 menit 40 detik itu sebenarnya merupakan kumpulan gambar, meskipun belum diketahui dengan jelas apakah foto-foto yang terpampang benar-benar refleksi asli dari kejadian pembakaran gereja di Aceh Singkil.

Video pembakaran gereja di Aceh Singkil yang diunggah akun Daily Hot News masih belum bisa dikonfirmasi secara jelas karena hanya berupa kumpulan foto kejadian. Namun hingga saat ini, video tersebut sudah ditonton lebih dari 1000 viewers.

Seperti diketahui, penyebab kerusuhan Aceh Singkil diawali oleh ketidaksabaran kelompok masyarakat atas pembongkaran bangunan gereja yang dianggap tak punya izin. Sempat terjadi negosiasi yang difasilitasi pemkab, akhirnya disetujui pembongkaran berlangsung pada 19 Oktober 2015.

Sayangnya kelompok masyarakat itu mengabaikan kesepakatan semula dan menuntut pembongkaran gereja pada 13 Oktober 2015. Setiap gereja sebenarnya sudah dijaga 20 personil gabungan TNI-Polri, namun jumlah massa yang datang terlampau banyak sehingga sulit dihadang.

Pembongkaran dan pembakaran bangunan gereja secara sepihak memancing emosi jemaat, sehingga pecah bentrokan yang berakibatkan 2 orang tewas dan 4 orang luka-luka parah. Berikut video pembakaran gereja di Aceh Singkil yang diunggah akun Daily Hot News.