Teknoflas.com – Belum lengkap rasanya liburan ke Jawa Tengah jika tak megunjungi Dieng, kabupaten Banjarnegara. Selain hawa sejuk dan hasil bumi menyegarkan, daerah ini memiliki potensi wisata yang terus meningkat signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

image
Kawah Sikidang, tempat wisata favorit di Dieng

Berikut ini empat wisata populer di Dieng yang ramai kunjungan turis lokal dan luar negeri.

1. Telaga Warna

Dahulu Telaga ini memiliki banyak warna pelangi, namun kini hanya biru saja. Sekitar area telaga terdapat sejumlah gua yang sering dijadikan tempat meditasi yakni Semar, Sumur, Jaran dan Pengantin. Gua sumur memiliki Titra Prawitsari, yakni sumber air kesucian sedangkan Gua semar paling panjang yakni 4 meter.

2. Bukit Sikunir

Nama lainnya yaitu bukit sunrise karena kental dengan pesona warna oranye dari matahari terbit. Bagi turis yang ingin melihat langsung keindahan matahari terbit, mereka harus tiba di lokasi pada pagi buta, setidaknya pukul 4 subuh sudah mendaki bukit. Berdasar keterangan, bukit sikunir berada di ketinggian 2.200 mdpl.

3. Kompleks Candi Arjuna

Selain keindahan alam mempesona, Dieng juga memiliki sejumlah peninggalan candi Hindu. Komplek Candi Arjuna sudah berdiri ratusan tahun yang memiliki enam candi dalam susunan dua deret. Empat candi yang menghadap ke barat bernama Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra. Sedangkan dua candi menghadao ke timur yakni Candi Semar dan Candi Arjuna.

4. Kawah Sikidang

Kurang lengkap kalau tak mengunjungi Kawah Sikidang yang ternyata sedikit mirip dengan kawah Tangkuban Perahu di Bandung, Jawa Barat. Turis dari bibir kawah bisa melihat langsung kawah vulkanik dengan lubang kepundan. Hal paling menarik yaitu menyaksikan uap air dan lava kelabu yang muncul berpindah-pindah. Jangan lupa memakai masker karena bau belerang yang kuat di sekitar kawah sikidang.