Teknoflas.com – Apa sih keunggulan YouTube Music dibandingkan layanan sejenis? Seperti diketahui, pemilik smartphone dan tablet sudah dimanjakan dengan layanan streaming musik seperti Spotify dan Apple Music. Kini persaingan semakin memanas karena Google turut mempersembahkan layanan baru di bidang serupa.

image
Keunggulan aplikasi YouTube Music

YouTube Music tentu jauh melebihi dua pesaingnya, apalagi mengusung nama besar dan sejumlah fitur keren yang siap memanjakan para pengguna. Berbicara soal koleksi, maka tak ada yang bisa mengalahkan. Ada sekitar 30 juta musik video yang siap memanjakan telinga dan mata penonton.

Aplikasi YouTube Music sangat sederhana dan mudah digunakan, pengguna dapat mencari lagu, artis atau album favorit untuk diputar. Konten yang tersedia tak hanya musik video resmi saja, namun banyak hal berkaitan dengan dunia ‘nada dan suara’. Pengguna juga dapat menikmati karya artis yang kurang ternama ataupun video cara main alat musik. Itulah salah satu keunggulan YouTube Music yang tak dimiliki layanan sejenis.

Sayangnya dibalik keunggulan, ada pula kekurangan YouTube Music yaitu ketidakmampuan pengguna membuat atau berbagi playlist layaknya fitur Spotify and Apple Music. Aplikasi YouTube Music menyusun playlist berdasarkan lagu-lagu yang pernah didengar, disukai atau bakal digemari.

Meskipun demikian, YouTube Music menyertakan tombol ‘Love’ untuk lagu yang dimainkan oleh pengguna, nantinya aplikasi secara otomatis bakal menentukan sendiri berdasar selera pengguna. Luasnya pilihan playlist bakal manjakan pengguna seakan tak ingin berpisah.

Dibandingkan layanan lain, YouTube Music sangat mudah digunakan untuk seorang pengguna pemula sekalipun. Usai proses instal selesai, pengguna secara otomatis masuk ke akun Google dan menampilkan history video yang pernah ditonton sebelumnya. Tampilan sederhana membuat pengguna mudah mempelajari semua fitur dalam waktu singkat.

Keunggulan aplikasi YouTube Music yaitu terintegrasi langsung dengan YouTube Red. Dengan demikian, pengguna yang ikut berlangganan bisa menikmati fitur premium seperti mendengar audio di latar belakang secara offline. Bagi pengguna yang tak terdaftar YouTube Red tetap bisa menikmati lagu favorit namun tanpa latar belakang dan menampilkan iklan yang ganggu pandangan.