Teknoflas.com – Peta persaingan pasar smartphone saat ini masih dikuasai oleh android, namun peminat iPhone terus meningkat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Sejumlah pengguna setia ‘robot ijo’ tanpa malu beralih ke pesaing lain buatan Apple meski harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membelinya.

image
3 pertimbangan sebelum beralih ke iphone

Sebenarnya ada tiga hal wajib dipertimbangkan oleh pengguna smartphone sebelum beralih dari android ke iPhone. Apa saja?

1. Ukuran layar

Sebelum kehadiran iPhone 6S and 6S Plus, smartphone besutan Apple hanya mengusung layar ukuran kecil. Itulah salah satu faktor yang menyebabkan banyak orang lebih memilih android. Belajar dari kesalahan fatal, Apple pun merilis smartphone dengan ukuran layar besar.

Meski ukuran layar lebih luas, iPhone 6S ternyata belum sanggup menyaingi Galaxy S6 yang mengusung kerapatan layar 577 ppi. Bahkan masih kalah telak dibandingkan Nexus 6P yang memiliki kerapatan layar 515 ppi, sedangkan iPhone 6S hanya dibekali kerapatan 326 ppi. Sama-sama layar ukuran besar, namun kualitas masih unggul Samsung.

2. Tingkat keamanan

Masalah sekuriti atau tingkat keamanan tetap menjadi poin menarik untuk dibahas. Android memang beri kebebasan bagi developer untuk mengunggah aplikasi ke Play Store, namun tingkat keamanan sedikit terabaikan. Sejumlah aplikasi bahkan terindikasi mengandung malware dan Google agak gerak lambat mengatasinya.

Berbeda dengan iPhone dimana aplikasi wajib menjalani pengujian ketat sebelum akhirnya muncul di App Store. Melihat adanya kelemahan dari tingkat keamanan mendorong Google untuk menawari update sekuriti secara bulanan. Tentu saja ini berdampak positif, android pun memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih baik.

3. Kebebasan

Android tak hanya memberi kebebasan seutuhnya pada developer, namun bagi pengguna. Banyak hal yang bisa dilakukan pemilik ponsel seperti rooting, memasang custom launcher, ROM hingga menginstal aplikasi di luar toko resmi. Kebebasan ini yang tak ditemui dari iPhone yang masih bersifat ‘terbatas’ kepada sang pengguna.

Semoga tiga hal di atas menjadi bahan pertimbangan pengguna smartphone sebelum beralih dari android ke iPhone.