energy_bars-

Teknoflas.com – Masyarakat urban kini telah banyak mengikuti tren makanan sehat. Entah hanya sekadar mengikuti tren, menurunkan berat badan, atau lainnya.

Namun, masyakarat urban masih suka salah kaprah dalam bersikap makanan sehat ini. Banyak yang hanya mengandalkan label yang menyebutkan makanan tertentu ‘sehat’ atau ‘alami’. Parahnya lagi, banyak juga yang menjadi korban iklan.

Alhasil, mereka memakan makanan ‘sehat’ yang hanya label saja. Bahkan tidak menyehatkan.

Jika ingin makan makanan alami, tentu saja Anda harus memasaknya mulai dari nol, dalam artian mulai dari membeli bahan-bahannya, mengolahnya dan mempersiapkannya hingga jadi.

Di luar itu, makanan yang setengah diproses sekalipun, sebenarnya kurang sehat dibanding makanan mentah yang Anda masak sendiri. Lalu, apa saja jenis makanan tak sehat yang ‘menyamar’ sebagai makanan sehat?

Energy Bar

Camilan kaya energi ini memang tinggi energi dan rendah lemak. Dengan mengonsumsinya, anda dapat ‘mengganjal’ perut hingga waktu makan besar tiba. Namun, energy bar ini juga terdapat gula yang memungkinkan risiko diabetes.

Frozen Yoghurt

Sebenarnya, fro-yo mengandung jauh lebih banyak gula dibanding es krim. Oleh karena itu, fro-yo lebih baik dijadikan camilan sesekali dan bukan sebagai makanan penutup pengganti yang lebih sehat.

Daging Kemasan

Ayam, daging serta ikan yang telah diolah dalam bentuk kemasan, sebenarnya sudah kehilangan setengah nutrisi dibanding yang dijual segar. Tidak hanya itu, umumnya, daging kemasan juga mengandung lebih banyak sodium yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selai Kacang Rendah Lemak

Sebenarnya kacang dapat mendukung kesehatan jantung karena dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Sebaliknya, selai kacang rendah lemak justru buruk bagi kesehatan karena mengurangi manfaat kesehatan kacang dan di sisi lain membuat selai lebih kaya gula.