Teknoflas.com – Potensi wisata Labuan Bajo dalam beberapa tahun terakhir meningkat drastis, semakin banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri rela menempuh perjalanan jauh untuk melihat keindahan pemandangan alam yang menawan hati. Selain itu, ada sejumlah kuliner dan oleh-oleh khas yang wajib dibeli.

image
Kuliner dan oleh-oleh Labuhan Bajo

Kuliner

Selain makanan khas tradisional, wisatawan juga bisa menikmati makanan lezat ala restoran.

1. Makanan tradisional

Selama menikmati wisata alam Labuan Bajo, jangan lupa cicipi makanan tradisional dengan rasa khas di lidah. Tiga jenis sajian kuliner yang paling dikenal oleh masyarakat sekitar dan digandrungi wisatawan yaitu Jagung Titi , Ubi Nuabosi, dan Rumpu Rampe.

2. Happy Banana

Jika bosan menjajal makanan tradisional, datangi saja restoran Happy Banana di Jalan Soekarno Hatta untuk menikmati sushi yang terbuat dari ikan segar tangkapan sekitar laut. Sushi di restoran ini dijamin bikin ketagihan karena diracik dengan kopi untuk aroma yang khas.

3. Atlantis Beachclub

Restoran yang tak hanya menyajikan makanan lezat, namun pemandangan pantai yang bikin suasana makan semakin nikmat. Lokasi restoran tepat berada di Pantai Gede, pengunjung bisa menikmati sajian kuliner sambil melihat pemandangan matahari terbenam menakjubkan.

4. Mediterraneo

Restoran yang mengandalkan menu barat seperti Tuna Tartar, Cheese Cake, Burrata, Mare & Terra. Selain menawari makanan lezat di lidah, pengunjung juga bisa melihat langsung pemandangan pelabuhan nan menawan, terutama saat matahari terbenam. Restoran ini menjadi pilihan favorit wisatawan yang merupakan pengantin baru.

Oleh-Oleh

Kurang lengkap rasanya wisata di Labuan Bajo tanpa membawa oleh-oleh khas. Ada dua benda yang paling banyak dicari dan populer yakni:

1. Moke

Minuman khas Flores dengan rasa unik yang merupakan hasil penyulingan buah beserta bunga pohon lontar dan enau. Semua dibuat dengan proses tradisional turun-menurun. Harganya yaitu Rp 100.000.

2. Kain Tenun Khas Flores

Flores terkenal dengan kain tenun nan unik yang sayang sekali jika tidak dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Harganya pun bervariasi tergantung warna, corak, pembuatan dan ukuran.