550px-Get-Big-Bouncy-Curls-Step-2

Teknoflas.com – Karet adalah benda sederhana namun sering dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Seringnya, untuk memudahkan, karet dikenakan dipergelangan tangan supaya tidak terlalu repot mencari ketika dibutuhkan. Pengalaman Kopp dari Kentucky tentu dapat menjadi pelajaran tentang bagaimanapun ada cara aman untuk menghindari infeksi akibat karet yang dikenakan di pergelangan.

Beberapa tips berikut untuk anda yang sering membutuhkan karet dan terpaksa meletakkannya di pergelangan tangan.

1. Melonggarkan

Pastikan bahwa karet tidak menekan pergelangan tangan anda. Karena, sesuatu yang menekan dalam waktu lama dapat membatasi aliran darag ke tangan dan jari. Hal itulah yang dapat menyebabkan tangan mengalami masalah pembuluih darah dan kerusakan kulit.

2. Menghindari barang yang berkerlip

Memang, banyak ikat rambut yang cantik dan sayang jika tidak dikenakan pada tangan. Namun, kerlipannya ini dapat menggores kulit dan menyebabkan luka kecil. Luka inilah yang menjadi pintu masuk bakteria. Meskipun biasanya tak berbahaya saat berada di bagian luar tubuh, bakteria ini bisa jadi berbahaya saat masuk ke dalam tubuh. 

3. Melepaskan ketika tidur

Sebaiknya jangan menggunakan karet rambut di pergelangan tangan sepanjang hari. Karena hal tersebut dapat menghalangi peredaran darah di bawah kulit. Oleh karena itu lepaskan dan biarkan permukaan kulit terbuka dan kering. 

4. Mencuci tangan
Jangan lupakan bagian tertutup ketika mencuci tangan, termasuk yang tertutup oleh karet rambut. Dengan mencuci tangan, anda dapat
mencegah bakteri berkembang biak di tempat lembab di atas kulit yang tertutup ikat rambut dan mencegah kulit dari pecah dan luka yang menyebabkan infeksi.

5. Mengganti karet rambut

Sebaiknya, anda memperlakukan karet rambut seperti kaus kaki dan pakaian, di mana anda menggati pakaian dan kaus kaki setiap hari. Karet rambut yang kotor juga bisa menjadi sarang kuman penyakit, jadi sebaiknya diganti setiap beberapa waktu, cuci dan keringkan.