Teknoflas.com – Wanita gemar memakai celana ketat karena mengikuti tren terbaru saat ini. Tidak masalah memakainya, asalkan pandai merawat kebersihan. Celana ketat harus langsung dicuci bersih usai dipakai. Jangan nekat pakai jika dalam keadaan tak bersih, apalagi berhari-hari belum cuci. Mengapa demikian?

image
Bahaya kesehatan pakai celana ketat tak cuci

Menurut penuturan para ahli kesehatan, celana ketat yang kurang dijaga dengan baik kebersihannya bisa menjadi tempat ideal pertumbuhan bakteri berbahaya. Resiko kesehatan yang paling sering mengancam yaitu jerawat di permukaan kulit, kutu air, infeksi ragi dan infeksi saluran kencing.

Sejumlah wanita enggan terlalu sering cuci celana ketat miliknya yang terbuat dari bahan tertentu karena takut rusak. Anggapan miring itu sangatlah berbahaya karena celana ketat mempertahankan kelembaban dan kehangatan yang ideal bagi bakteri jahat untuk berkembang lebih banyak.

Celana ketat harus cepat dicuci usai dipakai agar bakteri tidak tumbuh dan mengancam kesehatan. Selain menjaga kebersihan dari kotoran, mencuci juga cegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi atau iritasi kulit. Pernyataan ini turut didukung oleh Spesialis kandungan dan kebidanan, dr Radhika Rible.

Menurut Rible, wanita yang gemar pakai celana ketat tanpa celana lapis katun di bawahnya lebih rentan pada infeksi ragi dan saluran kencing. Agar tidak mengalaminya, wanita wajib pakai celana lapis katun sebelum menutupinya dengan celana ketat. Celana lapis katun merupakan opsi terbaik karena menyerap keringat dengan sempurna.

Bagi wanita yang gemar memakai celana ketat, ikuti saja beberapa tips berikut ini!

1. Punya cadangan

Daripada harus memakai celana yang sama untuk hari berikutnya, disarankan memiliki cadangan sehingga punya banyak pilihan untuk dipakai setiap hari.

2. Cek label

Merawat kebersihan celana ketat tidak begitu sulit karena setiap produk celana sudah dibekali label tentang cara perawatan. Ada kain tertentu yang aman dicuci dengan mesin cuci, ada pula sebaliknya.

3. Cuci terpisah

Celana ketat yang terbuat dari jenis kain lembut tidak boleh dicuci bersamaan dengan celana lain dari jeans. Oleh karena itu, cuci celana secara terpisah menyesuaikan jenis kain ataupun warna demi menjaga penampilan terbaik.

4. Bijaksana memakai mesin pengering

Mesin cuci dibekali fitur pengering agar celana tak butuh waktu lama agar benar-benar kering. Celana ketat yang berbahan halus tak boleh dikeringkan dengan mesin pengering, disarankan jemur seharian agar mengering secara alami.