Eye_iris

Teknoflas.com – Iris mata ternyata memiliki hubungan dengan sifat dan kepribadian seseorang, demikian hasil dari sebuah penelitian dari Universitas Orebro di Swiss. Walaupun demikian, para peneliti belum dapat memastikan lebih lanjut mengenagi kepribadian seseorang dari matanya.

Melanin yang terdapat pada iris, yang juga menentukan warna, ternyata berperan sebagai penyekat koneksi elektrik pada sel otak. Inilah yang dianggap berperan dalam menentukan kepribadian seseorang. Semakin banyak melanin yang terdapat pada mata, akan membuat otak bekerja lebih efisien, lebih sensitif, dan lebih cepat.

Anthony Fallone, seorang Universitas Edinburgh, menemukan bahwa murid yang memiliki warna mata lebih gelap akan menunjukkan performa yang lebih baik dalam tes kecerdasan yang memiliki batasan waktu. Terutama ketika tes kecerdasan tersebut membutuhkan kecepatan berpikir.

Orang yang memiliki warna mata biru dapat disebut memiliki reaksi yang lebih lambat daripada yang lebih gelap. Walaupun demikian, hal tersebut bisa menjadi kelebihan tersendiri buat mereka karena bisa berpikir lebih strategis.

Kandungan melanin pada mata juga dirasa dapat menentukan respons seseorang terhadap alkohol. Orang yang memiliki warna mata cokelat, dipercaya memiliki ambang batas intoksikasi yang lebih rendah. Hal ini berarti mereka tidak membutuhkan alkohol yang banyak untuk mabuk.

Seorang psikolog dari Georgia State University di Atlanta juga melakukan survey tentang warna mata dan hubungannya dengan respons terhadap alkohol. Ia melakukan survey terhadap 12 ribu laki-laki dan perempuan.

Dari survey tersebut, ditemukan orang yang memiliki warna mata terang mengonsumsi lebih banyak alkohol dibandingkan dengan orang yang mempunyai warna mata lebih gelap.

Hal tersebut disebabkan konsentrasi melanin yang tinggi pada mata juga mengindikasikan adanya konsentrasi melanin yang tinggi pula pada otak, sehingga batas intoksikasinya juga lebih tinggi.