Teknoflas.com – Depresi terbagi menjadi dua jenis, yakni ringan dan klinis, yang dipicu ketidakseimbangan kimia di kepala. Dengan demikian, depresi tidak boleh diremehkan begitu saja. Ada sejumlah cara untuk mengatasinya, salah satu yang paling diminati oleh masyarakat saat ini adalah meditasi.

image
Meditasi untuk mengatasi depresi

Depresi bisa diatasi dengan meditasi secara rutin, sayangnya tidak sepenuhnya efektif bagi penderita dengan tingkat depresi parah. Mengapa seseorang bisa kena depresi? Biasanya dipicu oleh pikiran negatif alias tidak sehat, merasa terbebani untuk permasalahan kompleks tanpa mau berbagi beban kepada orang lain.

Berdasarkan hasil penelitian para ahli, meditasi efektif meredam depresi karena membuat pikiran dan tubuh lebih rileks alias tenang.

1. Tenangkan pikiran

Meditasi bantu menekan beban pikiran di kepala dan meningkatkan fokus. Para ahli sepakat menganggap meditasi sebagai solusi mengatasi stres yang dianggap sebagai pemicu depresi. Ketika pikiran tenang tanpa beban maka lebih mudah berpikir jernih dan menemukan penyebab utama depresi yang diidap seseorang. Dengan demikian, depresi tidak akan bertahan lama menggangu hidup.

2. Tenangkan tubuh

Depresi seringkali dikaitkan dengan ketidakbahagian terhadap sesuatu yang menyebabkan beban pikiran. Tak hanya itu saja, depresi juga disebabkan oleh menderita sakit kronis dan tubuh merasakan sakit serupa. Oleh karena itu, meditasi disarankan karena bikin rileks otot-otot tegang sehingga rasa sakit hilang.

Meditasi juga dilakukan untuk mengatasi depresi terkait masalah berat badan. Dengan melakukan kegiatan ini maka pikiran menyampaikan pesan ke tubuh agar mau menekan kelebihan berat badan. Seperti yang tertulis di paragraf sebelumnya, meditasi meningkatkan fokus dan mengalirkan energi lebih kencang ke seluruh tubuh.

3. Menekan kecemasan dan rasa nyeri

Kecemasan merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami depresi. Tidak begitu sulit mengatasinya, disarankan meditasi selama beberapa menit untuk mengembalikan ketenangan dan menyembuhkan sakit kepala yang menyerang tiba-tiba akibat depresi dari cemas berlebih.

Meditasi harus dilakukan sedini mungkin, terutama ketika pemikiran negatif mulai datang menyapa. Dengan melakukan kegiatan relaksasi ini, sangat mudah membersihkan pikiran yang mengganggu. Pencegahan tentu lebih baik daripada mengobati, meditasi merupakan solusi terbaik ketimbang mengkonsumsi obat-obatan untuk melawan depresi.