Teknoflas.com – Seseorang bakal menjalani metode diet tertentu bila ingin memperoleh berat badan ideal. Biasanya ada sejumlah tips yang sengaja diterapkan meski belum terbukti efektif memberi hasil nyata. Dari sekian banyak tips yang tersedia di dunia maya, beberapa diantaranya masuk kategori jadul dan wajib diperbarui ulang.

image
5 tips diet jadul yang tak efektif

1. Makan lebih dari jam 7 malam

Larangan makan lebih dari jam 7 malam tidaklah benar, boleh saja mengkonsumsi makanan asal dibatasi jumlah asupan kalori. Banyak orang yang makan di sore hari dalam jumlah besar agar bisa melewati makan malam tanpa rasa lapar. Seharusnya makan malam boleh saja dengan asupan rendah kalori, oleh karena itu lebih disarankan konsumsi buah-buahan.

2. Kardio efektif bakar lemak

Banyak orang rela menyisihkan waktu untuk berolahraga kardio selama 30 menit demi menurunkan berat badan. Padahal kegiatan itu hanya efektif membakar 270 kalori, tidak begitu efektif untuk menurunkan bobot tubuh sehingga wajib disertai dengan latihan beban. Otot terlatih mendongkrak metabolisme membakar kalori lebih banyak.

3. Timbang bobot badan tiap hari

Agar mengetahui metode diet berjalan semestinya, maka dianjurkan untuk menimbang berat badan setiap hari. Tips ini sebenarnya bermanfaat, namun memberi tekanan psikologis pada orang lain. Jika berat badan yang dipantau setiap hari tidak mengalami penurunan apapun, muncul rasa frustasi alias tertekan. Oleh karena itu, timbang bobot badan seminggu sekali sudah cukup.

4. Bebas makan asal rutin olahraga

Rutin olahraga belum tentu efektif menurunkan berat badan tanpa diikuti kontrol kalori dengan baik. Olahraga bertujuan membakar kalori, sehingga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh harus dibatasi jumlah kalorinya. Dengan melakukan olahraga secara rutin dan kontrol kalori yang baik, maka berat badan dijamin turun.

5. Larangan makan karbohidrat

Selama menjalani metode diet, ada larangan untuk mengurangi asupan karbohidrat. Sebenarnya itu tidak benar karena tubuh pada dasarnya tetap butuh karbohidrat sebagai sumber tenaga untuk bergerak. Tidak ada larangan mengkonsumsi karbohidrat melainkan membatasi jumlah asupan ke dalam tubuh dan memilih jenis karbohidrat kompleks seperti gandum, barley, quinoa, beras merah hingga quinoa.