Teknoflas.com – Entah karena suatu kesalahan fatal tak disengaja, kumpulan data penting yang tersimpan di memori perangkat android terhapus tanpa sisa. Tentu saja hal ini memicu kepanikan apalagi belum melakukan backup atau menyimpan cadangan. Terhapusnya data penting dari perangkat android kesayangan tak perlu disikapi dengan rasa panik berlebih, ada dua langkah yang bisa dilakukan untuk perangkat yang sudah atau belum di-root.

image
Recover data hilang dari perangkat android

Recover data hilang dari perangkat belum di-root

Langkah awal yang bisa dilakukan yaitu menghubungkan perangkat android ke PC dan menjalankan aplikasi file recovery. Jika data penting yang tengah dicari tersimpan pada kartu memori, gunakan Micro SD Card Adapter untuk menghubungkan kartu microSD ke USB.

Untuk mengembalikan file hilang, pakai software atau program pihak ketiga. Dari sekian banyak pilihan yang tersedia, dianjurkan memakai Recuva (versi gratisan atau berbayar). Boleh juga memakai software alternatif seperti Coolmuster atau Wondershare Dr. Fone.

Catatan: Agar semua program di atas bekerja dengan baik, memori harus diformat dengan tipe FAT32, NTFS atau sejenisnya. Jika format kartu memori tidak dikenali, maka hanya bisa menyalin konten ke komputer, format ulang kartu memori ke FAT32 dan menyalin kembali semua data ke kartu untuk melanjutkan proses.

Ketika menjalankan Recuva, langkah pertama yaitu memilih tipe file yang ingin di-recover: Pictures, Videos, Music, Document dan sebagainya. Opsi menyimpan kembali dari lokasi spesifik juga tersedia dan menetap folder spesifik untuk memulai recovery. Recuva hanya akan memperlihatkan lokasi untuk pemulihan data, ikuti saja perintah yang muncul dalam program.

Penting sekali: Ketika selesai mengembalikan file-file terhapus, coba simpan ke perangkat berbeda. Biasanya ini bakal menghadirkan sedikit masalah dan pemulihan yang tersembunyi. Jika selesai memulihkan file dari smartphone, rekam kembali ke harddisk komputer dan segera transfer.

Pemulihan file yang ada di memori internal juga tidak begitu sulit. Langkah pertama yaitu masuk sebagai developer, yakni menuju Settings > About Phone > Build Number dan menekan bagian Build Number hingga tujuh kali. Selanjutnya menuju Settings > Developer Options dan mengaktifkan USB debugging. Nantinya boleh menggunakan aplikasi seperti Wondershare Dr Fone untuk memindai alias scan perangkat android kesayangan.

Recover data hilang dari perangkat sudah di-root

Memulihkan data hilang dari perangkat android yang sudah di-root tidak begitu sulit, silahkan ikuti saja langkah-langkah sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi Undelete.

2. Pilih storage device dari data yang ingin dipulihkan, entah itu memori internal atau eksternal.

3. Kemudian pindah perangkat yang sudah terpilih.

4. Proses pemindaian memakan waktu sekitar 2-10 menit, tergantung pada besaran memori dan data yang tersimpan.

5. Ketika proses pemindaian selesai, maka data yang dipulihkan akan terbagi ke dalam sejumlah seksi yakni Files, Pictures, Music, Videos, Documents and Files. Data yang pulih akan kembali ke lokasi semula

Opsi ini hanya berjalan dengan situasi tertentu. Untuk sekedar berjaga-jaga, lanjutkan dengan aplikasi Recuva atau Wondershare dan sejenisnya.