Teknoflas.com – Kota Solo tak hanya terkenal akan budaya, bangunan unik dan cinderamata batik. Ada begitu banyak sajian kuliner yang wajib dicicipi ketika pergi liburan ke sini. Selama menghabiskan hari-hari mengelilingi keindahan kota, manjakan lidah dengan lima jajanan pasar khas yang mungkin jarang dijumpai di tempat lain.

image
Sosis Solo paling disukai wisatawan

1. Serabi

Hampir semua kota di Indonesia menjual serabi, namun khas Kota Solo dijamin beda. Meskipun masih berbentuk bundar tipis dengan topping menggoda, serabi terbuat dari tepung beras dan santan. Tekstur jauh lebih halus, lunak dan rasa manis di lidah. Beragam topping tersedia di pasaran, mulai dari campuran keju, coklat dan masih banyak lagi. Penjual serabi paling beken di Kota Solo terdapat di sepanjang Jl. Slamet Riyadi.

2. Sosis Solo

Bila lumpia menjadi ciri khas Kota Semarang, maka Kota Solo punya Sosis Solo! Sekilas bentuknya tidak jauh berbeda dari lumpia, namun bahan yang digunakan berbeda yakni daging cincang yang dibalut dengan telur dadar. Soal rasa, tiada yang bisa menandingi kelezatan Sosis Solo yang disantap dengan saus sambel dan mayones.

3. Kue Leker

Jajanan pasar ini mungkin gampang dijumpai depan sekolah-sekolah dengan nama berbeda. Kue Leker khas Kota Solo terbuat dari telur, gula jawa, gula manis dan perasa vanilli yang kemudian dihiasi dengan susu, pisang, gula ataupun meses. Coba gigit bagian tengah dari kue ini, terasa manis dan lembut di lidah. Walaupun bagian tepi agak kosong, namun mantap ketika dikunyah karena renyah krispi.

4. Intip

Jajanan pasar terbuat dari kerak nasi yang cocok dijadikan oleh-oleh. Intip sangat gurih ketika digigit, apalagi menawarkan varian rasa beragam yang dipercantik dengan sentuhan kecap manis. Ada beragam penjual intip, namun yang paling direkomendasikan berada di Pasar Gede, depan Toko Roti Orion.

5. Semar Mendem

Kue basah terbuat dari ketan yang diisi daging dan terbungkus telur dadar. Untuk menghasilkan rasa lebih enak dan nendang, sejumlah penjual biasanya menambahkan santan. Semar Mendem merupakan salah satu jajanan pasar khas Kota Solo yang paling banyak disukai oleh wisatawan.