Teknoflas.com – Samsung Galaxy S4 masih menjadi pilihan sejumlah pengguna smartphone meski generasi ke-7 bakal segera menyapa pasar global pada tahun ini. Berbeda dari generasi anyar yang dibekali kapasitas baterai ‘bongsor’, sebagian pengguna kerap mengeluh dengan daya tahan S4 mengingat kapasitas baterai terbatas.

image
3 Aplikasi penghemat baterai Samsung Galaxy S4

Sebenarnya ada sejumlah tips dan trik untuk menambah daya baterai agar smartphone nyala seharian, termasuk memasang salah satu dari tiga aplikasi di bawah ini yang sudah terbukti ampuh untuk Samsung Galaxy S4.

Better Battery Stats

Inilah salah satu pilihan terbaik yang ada di Google Play Store untuk mendongkrak daya tahan baterai Samsung Galaxy S4. Better Battery Stats akan bantu mengidentifikasi proses mana saja dalam ponsel yang paling banyak menguras baterai. Dengan demikian, pemilik ponsel bisa mengatasi sejumlah permasalahan yang mempengaruhi kinerjanya. Coba nyalakan aplikasi ini selama 24 jam, kemudian analisa hasilnya untuk memperoleh informasi lebih lengkap terkait penggunaan baterai.

System Tuner

Gunakan System Tuner untuk menutup atau menonaktifkan beragam aplikasi usai ditentukan langsung oleh si pengguna. Walaupun menawarkan fungsi menawan, aplikasi ini hanya bekerja pada ponsel Samsung Galaxy S4 yang sudah di-root. System Tuner bekerja menutup aplikasi yang jadi biang kerok pemborosan baterai, namun pengguna harus hati-hati untuk tidak menutup aplikasi atau proses vital yang membuat ponsel bekerja semestinya. Pastikan segala sesuatu yang berkaitan dengan sistem operasi Android tetap berjalan.

Greenify

Tak jauh berbeda dari System Tuner, pemilik harus nge-root ponsel kesayangan bila ingin memasang Greenify. Walaupun agak ribet, namun sangat mudah digunakan. Greenify bakal melaksanakan tugasnya mengindentifikasi aplikasi yang bertindak di luar batas sehingga menguras daya baterai. Bisa dikatakan bahwa Greenify jauh lebih sederhana ketimbang System Tuner karena tidak mengancam aplikasi atau proses dari sistem operasi Android.

Sebenarnya masih banyak aplikasi penghemat baterai sejenis yang tersedia di Google Play Store, ada yang gratis ataupun berbayar. Namun tiga pilihan di atas sangat direkomendasikan untuk Samsung Galaxy S4.