Teknoflas.com – Helm tak lagi dianggap sekedar alat keselamatan berkendara, namun bagian dari fashion, gaya hidup ataupun “penunjuk identitas” bagi pengendara sepeda motor. Ada beragam merek tersedia di pasaran, mulai dari kelas murahan hingga kelas premium seperti Arai.

image
Tips Beli Helm Arai

Apakah anda tertarik membeli helm Arai? Jangan asal beli selain di toko resmi. Mengapa demikian? Banyak penjual nakal yang menawarkan helm Arai hasil rekondisi atau reproduksi alias produksi ulang. Helm keluaran lama atau bekas diberi sentuhan baru dengan mengganti styrofoam dan cat ulang. Sekilas memang tampak sama seperti helm Arai di toko resmi, namun ada sejumlah kekurangan jika dilihat dengan seksama.

Agar tidak mudah tertipu membeli helm hasil reproduksi, silahkan simak tiga tips berikut ini seperti dipaparkan langsung oleh perwakilan distributor resmi helm Arai, Irwan, seperti dilansir dari laman Otomania, Selasa (2/2/2016).

1. Setiap helm Arai hanya diberi usia maksimal 5 tahun. Jadi tak begitu sulit mengecek mana helm hasil reproduksi, cukup melihat stiker dan tanggal pembuatan. Tanggal produksi bisa dijadikan pertimbangan, apakah harus membeli atau tidak. Dalam sejumlah kasus, penjual nakal sering mencabut tanggal produksi jika sudah melewati waktunya. Sebaiknya urungkan niat untuk membeli apabila menemukan hal tersebut daripada terlanjur kecewa.

2. Selain memperhatikan stiker dan tanggal pembuatan, calon pembeli helm Arai perlu melakukan pemeriksaan pada bagian styrofoam. Coba kenakan helm, kemudian cek dan rasakan styrofoam pada bagian dahi di atas mata. Biasanya posisi styrofoam di bagian tersebut sedikit miring. Menurut penuturan Irwan, tak mudah mengganti dan memasang komponen styrofoam, hasil terbaik hanya bisa dilakukan oleh sang ahli. Posisi styrofoam miring pada bagian dahi di atas mata merupakan cara terbaik mengetahui helm Arai reproduksi meskipun sudah cat ulang.

3. Helm Arai termasuk merek kelas premium sehingga harga jualnya tidak murah. Jika tak mau bayar mahal untuk helm reproduksi, lebih baik ajak teman atau seseorang yang sudah mengenal betul helm produksi Arai. Menurut penuturan Irwan, seseorang yang telah lama mengenakan helm ini pasti tahu betul karakter dan keunikan yang tersimpan di dalamnya.

Jika tak mau rugi mengeluarkan banyak uang membeli helm Arai hasil reproduksi, lebih baik datang langsung ke toko resmi. Selain memperoleh produk terjamin kualitas, pembeli juga memperoleh kartu garansi.