Teknoflas.com – Kamis, 11 Februari 2016, merupakan hari peresmian Universitas Pertamina. Mungkin sebagian besar khalayak umum belum pernah mendengarnya, namun kampus di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, itu merupakan bagian dari wujud kontribusi nyata Pertamina sebagai perusahaan milik negara kepada masyarakat Indonesia yakni via penyediaan pendidikan tinggi.

image
Peresmian Universitas Pertamina

Universitas Pertamina dipegang langsung oleh Pertamina Foundation yang bertugas menangani pengelolaan aset serta sejumlah penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar mahasiswa, mulai dari laboratorium, perpustakaan, olahraga hingga sarana dan prasarana kampus.

Menurut penuturan Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Umar Fahmi, pihak universitas ingin meningkatkan fokus pada sejumlah program pendidikan yang mencakup wilayah kerja. “Kami juga akan membangun sistem manajemen program berbasis teknologi informasi,” tambahnya.

Pendirian dan peresmian Universitas Pertamina merupakan awal keterlibatan Pertamina dalam membangun manusia Indonesia yang kompoten dan mampu bersaing pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Demi mewujudkan target, pihak universitas fokus pada penyediaan sejumlah infrastruktur dasar seperti penyiapan sistem pembelajaran dan administrasi, ruang kuliah, laboratorium hingga pembangunan kampus I. Semua diharapkan segera terwujud pada 2020.

Tak berhenti sampai di situ saja, Universitas Pertamina telah mencanangkan target pembangunan kampus utama dan pengembangan pusat kegiatan mahasiswa pada 2021. Lima tahun pengembangan kampus, Pertamina Foundation telah menyiapkan dana Rp 680 miliar. Tahun pertama bakal menghabiskan dana sebesar Rp 80 miliar.

Peresmian Universitas Pertamina di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, berada di atas lahan seluas 6,5 hektar. Ada enam fakultas tersedia, yakni Fakultas Teknologi Eksplorasi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Fakultas Sains, serta Fakultas Komunikasi dan Diplomasi. Selain itu calon mahasiswa boleh pilih salah satu dari 15 program studi strata-1.

Walaupun sudah diresmikan sejak Kamis, 11 Februari 2016, Universitas Pertamina baru akan menerima calon mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2016/2017 pada Juli mendatang. Dengan demikian, semakin banyak pilihan bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan studi pendidikan tinggi selepas lulus Sekolah Menengah Atas. Bagaimana? Apakah anda berminat daftar?