penyakit mematikan pada pria
9 penyakit mematikan pada pria Indonesia

9 Penyakit Mematikan Yang Menyerang Pria Indonesia

penyakit mematikan pada pria
9 penyakit mematikan pada pria Indonesia

Baru-baru ini, Kementerian Kesehatan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) merilis daftar penyakit mematikan pada pria Indonesia. Manakah yang menduduki peringkat teratas dan mengancam keselamatan nyawa?

Jantung iskemik

Dikenal dengan nama arteri koroner yang disebabkan oleh penyumbatan aliran darah secara parsial menuju ke jantung. Bila darah tak bisa mengalir, serangan jantung pun terjadi.

Penyakit liver

Penderita hepatitis B dan C di Indonesia mencapai angka 28 juta orang. Angka tersebut diprediksi kian bertambah setiap tahunnya. Menurut Data Riskesdas tahun 2007, prevalensi hepatitis C mencapai angka 2,1 persen, sedangkan hepatitis B menyentuh angka 9,4 persen.

Tuberkulosis

Indonesia berada di peringkat empat dengan jumlah penderita terbesar di seluruh dunia. Sementara peringkat atas dipegang oleh China, India, dan Afrika Selatan.

Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Mungkin istilah medis ini jarang terdengar oleh masyarakat Indonesia, namun penyakit seperti emphysema, bronkhitis kronik dan asma termasuk ke dalam kategori PPOK sehingga wajib diwaspadai.

Stroke

Posisi pertama masih ditempati oleh cerebrovascular disease (CVD) atau Stroke. Penyakit ini terjadi akibat terhambatnya suplai darah menuju otak.

Diebetes Melitus

Menurut catatan dinas kesehatan, Indonesia memiliki 9,1 juta penderita diabetes. Angka tersebut dipastikan kian bertambah tiap tahunnya.

Hipertensi

Komplikasi hipertensi yang melibatkan organ lain menyebabkan sejumlah kerusakan. Biasanya penderita mengalami pendarahan retina mata, pembuluh darah di otak pun pecah, kerusakan ginjal hingga ancaman kelumpuhan. Tak heran termasuk ke dalam daftar penyakit mematikan pada pria Indonesia.

Pneumonia

Dikenal dengan nama lain ‘paru-paru basah’, istilah medis ini merujuk pada peradangan paru-paru akibat infeksi bakteri dan virus. Organ paru-paru dipenuhi oleh cairan atau selaput lendir mirip nanah sehingga penderita kerap batuk bernanah dan dada nyeri. Bila kondisi tergolong parah, sejumlah gejala pun muncul seperti demam, menggigil, berkeringat, susah nafas, batuk keras hingga perubahan mental tampak linglung.

Baca Juga  Waspadai Penyakit Mematikan Didunia

Gastroenteritis

Istilah medis disertai peradangan yang terjadi di saluran pencernaan. Penyakit ini melibatkan organ lambung dan usus kecil, yang mana penderita mengalami kejang perut disertai nyeri, muntah dan diare. Ini termasuk penyakit mematikan pada pria Indonesia, jadi jangan anggap remeh!

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci indonesia, jumlah penderita penyakit jantung di indonesia, Obstruksi total parsial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *