Dampak Buruk Dehidrasi

6 Dampak Buruk Dehidrasi Bagi Kesehatan Tubuh

Teknoflas.com – Tubuh manusia memiliki sekitar 60% air dan kehilangan 1,5% saja menghadirkan dehidrasi ringan. Kekurangan cairan atau dehidrasi membawa dampak buruk pada tubuh, seperti nafas bau, kelelahan dan konsentrasi menurun.

Dilansir Teknoflas.com dari laman Time, ada enam dampak buruk yang terjadi pada tubuh akibat kekurangan cairan alias dehidrasi.

Dampak Buruk Dehidrasi
Dampak Buruk Dehidrasi

1. Resiko kegemukan

Kekurangan cairan membuat seseorang ingin menyantap lebih banyak makanan dan minuman yang serba manis. Orang yang jarang atau malas minum air rentan kena dehidrasi berlebihan sehingga keinginan menyantap yang manis-manis tanpa pertimbangan matang. Tindakan ini rentan terhadap kenaikan berat badan yang memicu obesitas atau kegemukan.

2. Kulit rusak

Menjaga kesehatan kulit agar tetap bercahaya dan sehat tidak begitu sulit, cukup minum banyak air. Dehidrasi justru menurunkan kualitas penampilan kulit sehingga lebih kusam dan kering.

3. Resiko kecelakaan

Seseorang lebih rentan kecelakaan akibat dehidrasi. Hal ini sudah ditunjukkan lewat hasil studi para peneliti, kelalaian seseorang saat mengemudi meningkat drastis hingga dua kali lipas saat dehidrasi. Bisa dikatakan bahwa konsentrasi menurun akibat rasa haus dan kehilangan banyak cairan tubuh.

4. Mood tak stabil

Menurut hasil studi yang tercatat di ‘Journal of Nutrition’, dehidrasi akan membuat seorang wanita mudah tersinggung dan kehilangan fokus. Fakta tersebut turut disampaikan Dr Podesta yang mengatakan bahwa minum segelas air berdampak besar pada mood atau suasana hati.

5. Suhu tubuh tak teratur

Dampak buruk kekurangan cairan dapat membuat tubuh menggigil. Semua itu terjadi karena mulai ada batasan aliran darah ke kulit. Tak hanya itu saja, tubuh pun kesulitan mengatur suhu sehingga badan terasa dingin meskipun cuaca di luar atau dalam ruangan sedang panas.

Baca Juga  6 Kebiasaan Makan Tak Sehat Yang Memicu Kegemukan

6. Kram otot

Dehidrasi menyebabkan penurunan sirkulasi darah sehingga otot-otot terasa kaku dan terjadilah kram otot. Pernyataan ini turut dibenarkan Ray Casciari selaku direktur medis Pusat Kesehatan La Amistad di California, Amerika Serikat. Kram otot membuat otot terasa lebih keras saat disentuh.

Itulah enam dampak buruk dari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Untuk mengatasinya, dianjurkan minum lebih banyak air setidaknya 8-10 gelas per hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *