Mendengkur (doc/liputan6.com)

5 Alasan Mendengkur Bisa Merusak Kesehatan Fisik & Mental

Teknoflas.com – Semua orang akan merasa terganggu saat mendengar suara dengkuran kala sedang terlelap. Suara begitu nyaring bikin tidur pun tak tenang, bahkan tak bisa menutup mata sama sekali. Tak heran seseorang sedikit emosi dan marah saat mendengar teman/pasangan tidur mendengkur.

Bagi mereka yang tidur mendengkur, sebaiknya intropeksi diri. Dilansir dari Teknoflas.com dari laman Boldsky, dengkuran ternyata juga dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental. Ini dia lima alasan yang wajib diketahui!

Mendengkur (doc/liputan6.com)
Mendengkur (doc/liputan6.com)

1. Depresi

Ternyata mendengkur juga dapat menimbulkan perasaan tertekan alias depresi. Sebenarnya, orang yang mendengkur menandakan bahwa kualitas tidur tengah menurun dan berefek langsung pada kesehatan mental. Selain itu, suara dengkuran bisa menyebabkan masalah hubungan dengan pasangan yang merasa terganggu tidurnya di malam hari.

2. Sakit jantung

Mendengkur dan sleep apnea ternyata sangat berbahaya untuk kesehatan jantung si pelaku. Oleh karena itu, orang yang mendengkur wajib mengatasi permasalahan ini supaya kesehatan jantung tetap terjaga. Mulai jalankan pola makan sehat dan olahraga rutin.

3. Stroke

Menurut hasil studi pakar kesehatan, mendengkur punya hubungan yang kuat dengan stroke. Kok bisa? Ternyata mendengkur mengakibatkan penyumbatan arteri yang bisa memicu stroke. Jadi jangan anggap mendengkur sebagai masalah sepele yang tak perlu disembuhkan, itu sangat tidak benar dan justru berakibat fatal.

4. Masalah kognitif

Para ahli kesehatan sepakat bahwa mendengkur dapat mengurangi daya memori atau ingatan. Mendengkur secara perlahan juga dapat menurunkan kapasitas kognitif. Tak mau cepat pikun? Segera atasi dengkuran anda!

5. Sakit kepala

Masyarakat awam mungkin tidak mengetahui jika mendengkur merupakan gejala dari sleep apnea. Hal ini akan meningkatkan resiko si pelaku dengkuran untuk terkena sakit kepala, terutama saat bangun tidur di pagi hari yang secara otomatis bakal mempengaruhi suasana hati atau sebelum memulai aktivitas.

Baca Juga  3 Langkah Harus Dilakukan Orangtua Mengatasi Anak Demam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *