Rumah Soekarno Di Ende

Cerita Aura Mistis Rumah Pengasingan Bung Karno Di Ende NTT

Teknoflas.com – Ir. Soekarno, atau akrab dipanggil Bung Karno, menyimpan banyak cerita sebelum dan sesudah menjadi Presiden pertama Republik Indonesia. Salah satunya adalah kisah menarik seputar Rumah Pengasingan beliau di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Konon di rumah tersebut, aura kehadiran Bung Karno masih terasa seperti yang dituturkan oleh sejumlah orang.

Rumah Soekarno Di Ende
Rumah Soekarno Di Ende

“Rumah ini mempunyai tiga ruangan yakni ruang tamu, kamar tidur Bung Karno dan ruang semedi di bagian belakang. Masing-masing ruangan menyimpan aura berbeda-beda. Di ketiga ruangan tersebut, aura Bung Karno terasa sangat kuat,” ungkap penjaga Rumah Pengasingan Bung Karno, Syafrudin Puan Tia, dilansir Teknoflas.com dari laman detik, Jumat (14/8/2015).

Syafrudin enggan menjelaskan secara detil aura apa yang dirasakan dari ketiga ruangan itu. Menurut penuturan pria yang sudah 12 tahun menjaga rumah pengasingan tersebut, aura muncul karena ketokohan Bung Karno yang begitu hebat.

Kamar Tidur Soekarno
Kamar Tidur Soekarno

“Auranya jelas berbeda dari orang-orang biasanya, bisa bikin merinding terutama jelang sore hari. Ternyata banyak pengunjung yang merasakan aura yang sama,” beber Syafrudin.

Salah satu pengunjung Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende juga merasakan adanya aura berbeda yang mengalir dari dalam.

“Iya, di dalam bikin merinding. Apalagi pas ada di depan Ruang Semedi Bung Karno yang ada di bagian belakang rumah,” ucapnya.

Ruang Semedi Bung Karno
Ruang Semedi Bung Karno

Ruang semedi itu tak bisa dilihat dalamnya, tertutup oleh pintu warna coklat dengan kusen warna hijau. Ruangan tersebut sering dipakai Bung Karno untuk melaksanakan solat lima waktu dan semedi. Letak kamar itu berada di belakang dan berdekatan dengan sumur timba.

Syafrudin tak mau menjelaskan mengapa pintu ruangan semedi itu tertutup. Dia hanya menyebutkan bahwa pintu sengaja ditutup untuk mencegah pengunjung masuk sembarangan lalu merusak situs warisan peninggalan Bung Karno.

Baca Juga  Mengungkap Misteri & Asal-Usul Jenglot Di Indonesia
Ruang Tamu Bung Karno
Ruang Tamu Bung Karno

Terlepas dari aura yang terkesan mistis, Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi lokasi sejarah yang wajib dikunjungi. Mantan orang nomer satu Indonesia tersebut kerap berpindah-pindah lokasi pengasingan yang karena tindakan pemerintahan Belanda.

Kini Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende masih terawat baik dan wajib didatangi para wisatawan yang ingin mempelajari kilas balik sejarah kemerdekaan Indonesia.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci cerita mistis soekarno, Cerita cerita mistis, cerita mistis ir soekarno, indonesia ntt, ir soekarno, kamar soekarno di rumah pengasingan ende, kisah bung karno di pengasingan, mistik bung karno, situs soekarno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *