profil jj rizal
Profil JJ Rizal (doc/merdeka.com)

Profil Lengkap JJ Rizal, Sejarahwan & Bakal Calon Walikota

Teknoflas.com – Profil JJ Rizal bikin netizen tanah air penasaran, apalagi setelah media online diramaikan perseteruan nama itu dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok.

JJ Rizal merupakan seorang sejarahwan dan penulis kelahiran Jakarta 12 Februari 1972. Dia pun dikenal sebagai pendiri penerbitan Komunitas Bambu yang sudah banyak merilis sejumlah buku bertema budaya dan humaniora.

profil jj rizal
Profil JJ Rizal (doc/merdeka.com)

Siapa JJ Rizal sebenarnya? Saat ini pria lulusan Universitas Indonesia tahun 1998 dikenal sebagai pendiri gerakan sosial Save Depok. Ia pun sempat terlibat perdebatan di twitter ‘twitwar’ dengan eks Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, yang ingin maju sebagai bakal calon Walikota Depok periode 2015-2020 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Usai perdebatan panjang, ia pun siap diusung sebagai Walikota Depok.

Menurut catatan profil JJ Rizal di laman Wikipedia, ia berasal dari keluarga Betawi dan menyukai Sahibul Hikayat. Setelah menempuh pendidikan SMA, Rizal melanjutkan pendidikan dengan kuliah di Jurusan Sejarah Fakultas Sastra di Universitas Indonesia. Ia pun meraih gelar sarjana di tahun 1998 dengan menulis skripsi ‘Sitor Situmorang: Biografi Politik 1956-1967’.

Kegemaran JJ Rizal dalam dunia tulis menulis mendorongnya untuk mendirikan Penerbit Komunitas Bambu selepas tamat kuliah. Ia menyukai pekerjaan sebagai editor buku dan rajin menuliskan artikel ke sejumlah media cetak skala nasional.

Rizal pernah menjadi kolomnis sejarah Batavia-Betawi-Jakarta untuk MOESSON Het Indisch Maandblad, sebuah majalah internasional di negara Belanda. Ia menjalani pekerjaan itu selama enam tahun lamanya, dari 2001 hingga 2006.

Dalam profil JJ Rizal di internet, ia pernah meraih sejumlah penghargaan termasuk Anugerah Budaya Gubernur DKI Jakarta (2009), The Best International 2010 untuk tulisan Junghuhn dan Jakarta Book Awards IKAPI (2011).

Baca Juga  Siapa JJ Rizal? Berikut Informasi Lengkap ‘Musuh Baru’ Ahok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *