Menyelesaikan Penyakit Kronis dengan Tai Chi

Tai-Chi-Shadows-image

Teknoflas.com – Jika anda memiliki kerabat yang mengidap penyakit kronis seperti kanker sampai arthritis, cobalah berlatih tai chi. Berdasarkan analisis terbaru, tai chi dapat membantu mereka berjalan, membangun kembali kekuatan, bahkan mengurangi rasa sakit.

Tai chi memiliki gerakan yang lemah lembut yang merupakan bentuk modifikasi dari seni bela diri China kuno, sehingga sangat sesuai untuk orang-orang paruh baya bahkan yang lebih tua. Tai chi sangat pas karena dirasa mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan seperi yang dikatakan para peneliti yang studinya dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine.

Penulis utama penelitian, Yi-Wen Chen mengatakan, “Mengingat fakta banyak orang setengah baya dan yang lebih tua memiliki lebih dari satu kondisi kronis, maka penting untuk menyelidiki campur tangan latihan (tai chi),” dikutip dari laman Reuters.

Chen menganalisis berdasarkan 33 penelitian yang melihat efek tai chi pada pasien dengan kondisi kronis yakni penyakit kanker, gagal jantung, osteoarthritis, dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), atau beberapa pasien gangguan paru-paru yang membuat penderitanya kesulitan bernapas. Dan beberapa dari mereka memiliki masalah kesehatan dalam kesehariannya.

Tai chi adalah sebuah latihan yang memiliki tekanan pusat dalam kontrol pernapasan, dengan seluruh tubuh dan lutut yang ditekuk dengan gerakan lambat yang mengalir. Selain meningkatkan kekuatan, tai chi juga dapat memperbaiki postur tubuh, keseimbangan, dan konsentrasi, demikian ujar para peneliti.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 1500 peserta dan menggunakan latihan tai chi sebagai internvensi salah satu dari empat kondisi kronis tersebut. Para peneliti menilai efek tai chi untuk kemampuan seseorang pada kekuatan otot tubuh bagian bawah, waktu yang pasien butuhkan untuk duduk dari posisi berdiri, kualitas hidup, serta depresi selama kurang lebih 6 menit.

Tai chi juga membantu mengurangi depresi pada pasien gagal jantung, tetapi tidak memperbaiki tekanan darah pada pasien gagal jantung. Bagi pasien penderita osteoarthritis, waktu yang dibutuhkan untuk berdiri, fungsi fisik secara keseluruhan, dan kualitas kehidupan secara umum terjadi peningkatan yang cukup signifikan dengan tai chi. Gejala nyeri dan kekakuan juga dapat berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *