cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk ke windows

Begini Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Masuk ke Windows Dengan Benar

TEKNOFLAS.COM – Terkadang terdapat berbagai kendala ketika menggunakan laptop yang berbasis sistem operasi Windows. Salah satunya adalah gagal booting atau masuk ke Windows. Hal ini disebabkan berbagai hal seperti virus, salah install software, dan komponen laptop atau PC Windows yang rusak sehingga tampilan layar hanya hitam. Untuk itu, perhatikan cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk ke Windows berikut ini.

Perhatikan Berbagai Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Masuk ke Windows dengan Benar

1. Melakukan Scanning dengan Safe Mode

Cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk ke Windows pertama adalah dengan scanning. Scanning di sini menggunakan safe mode. Untuk menggunakan safe mode, tinggal tekan tombol F8 saat laptop booting dan pilih opsi ‘safe mode’. Pilih antivirus bawaan atau pihak ketiga kemudian lakukan scanning. Jika tidak bisa masuk safe mode, berarti sistem laptop sudah error dan corrupt.

2. Memanfaatkan Fitur System Restore

Selain melakukan scanning, fitur system restore juga bisa digunakan untuk mengatasi gagal booting ke Windows. Caranya juga cukup mudah. Pastikan sudah terdapat restore point di laptop. Pengguna harus membuatnya terlebih dulu jika belum ada. Untuk menggunakan system restore, tekan tombol F8 saat laptop booting dan pilih opsi ‘system restore’. Setelah itu cobalah restore laptop dengan restore point.

3. Melakukan Restart

Mengatasi laptop yang tidak bisa masuk ke Windows dengan restart bisa menjadi cara alternatif. Cara ini sangat mudah dan simpel. Cukup tekan tombol power laptop ketika kondisinya gagal booting. Setelah itu laptop akan mati dan tekan tombol power kembali. Maka laptop akan menyala kembali sehingga pengguna bisa mengecek apakah sudah bisa booting ke Windows atau belum.

Baca Juga  Video Iklan Tablet Microsoft Surface Pro

4. Menghapus Software yang Diduga Menyebabkan Error

Software yang terinstall di Windows juga berpotensi menyebabkan gagal booting. Untuk mengatasi laptop yang tidak bisa masuk ke Windows akibat software, salah satu caranya adalah uninstall. Uninstall di sini menggunakan safe mode. Cara masuk ke safe mode sama seperti melakukan scanning. Setelah berada di safe mode, hapus software yang diduga menjadi penyebab laptop gagal booting ke Windows.

5. Mengecek Hardware Laptop

Selain software, kegagalan laptop booting ke Windows juga bisa disebabkan kerusakan komponen hardware. Pengguna bisa memeriksa komponen hardware seperti harddisk dan RAM untuk mengecek apakah kondisinya baik atau tidak. Jika kondisinya baik, penyebab terbesar laptop gagal booting adalah software.

Apabila kondisi hardware laptop kotor, maka bersihkan kemudian coba nyalakan. Jika setelah dinyalakan masih gagal booting, berarti terdapat kerusakan komponen hardware. Pergilah ke jasa service laptop terdekat untuk mengetahui komponen hardware yang rusak.

6. Melakukan Install Ulang Windows

Cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk ke Windows terakhir adalah melakukan install ulang. Install ulang berguna untuk mengembalikan sistem operasi menjadi baru. Data-data lama termasuk penyebab gagal booting ke Windows akan terhapus. Resikonya, data-data penting yang tersimpan di partisi sistem laptop juga terhapus. Jadi, silahkan backup data terlebih dulu untuk berjaga-jaga.

Itulah berbagai cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk ke Windows dengan benar. Jika pengguna mau mempraktikkan cara-cara di atas, kedepannya tidak akan bingung ketika kendala ini muncul. Kendala tidak bisa masuk ke sistem Windows sebenarnya tidak begitu berat asalkan komponen hardware dan memori sistem laptop masih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *